5 Amalan Ini Dianjurkan di Hari Jumat Ucap UAH

5 Amalan Ini Dianjurkan di Hari Jumat Ucap UAH Tangkapan layar youtube Ustad Adi Hidayat (UAH)

Covesia.com - Hari Jumat dikenal dengan waktu yang mulia dibanding hari lain. Bahkan disebutkan hari Jumat adalah penghulu dari sekian banyak hari. 

Ustad Adi Hidayat (UAH) dalam Channel Youtubenya Adi Hidayat Official mengatakan pada hari Jumat Nabi Adam diciptakan, ditempatkan di surga untuk menerima pelatihan sebelum menjalani misi di dunia, dan di hari itu pula memulai misinya di bumi membawa sesuatu yang mulia. 

"Allah juga memberikan banyak bentangan kemuliaan di siang dan malam hari Jumat. Salah satunya Allah menurunkan quran surah ke 62 aljumuah agar umat bisa meningkatkan amal ibadah dengan zikir kepadaNya," ungkapnya dikutip Jumat (17/6/2022). 

Lebih lanjut UAH mengatakan bahwa Allah menyeru umat yang beriman, Hai seluruh yang beriman kepada Allah tanpa terkecuali, jika telah diseru kalian semua di hari jumat itu untuk mengingat Allah mendirikan salat, beribadah kepadanya maka bergegaslah kepada-Nya dan bersiap dengan semua. 

"Respon seruan itu, tinggalkan aktivitas jual beli dan berbagai hal yang menyertainya dan itu semua akan lebih mulia dan istimewa jika kau melakukannya,"jelasnya. 

UAH mengatakan ada 5 amalan sunah di hari Jumat yang dirinci oleh Nabi Muhammad SAW.  Bentangan amal saleh untuk menghidupkan jumat tersebut tersebar di malam, pagi, siang, sore, dan di waktu magrib. 

Pertama, Perbanyak bacaan Alquran. Seluruh surah Alquran mulia, namun ada beberapa surah yang disunahkan di Jumat siang atau malamnya. Yakni surah Al kahfi, Yasin dan surah As Saffat. Dan tak lupa memperbanyak doa setelah membacakannya. 

Kedua, anjuran perbanyak salawat kepada rasulullah. Dengan bersalawat kita akan dapatkan 10 kemuliaan dan akan mendekatkan kita dengan Rasulullah dan Allah. Ini yang memberikan jaminan abadi di dunia dan akhirat. 

Ketiga, tuntunan kepada kita persiapan untuk salat jumat agar bersuci, mandi, dan kenakan wewangian masuk mesjid dengan sopan, jangan pisahkan tempat duduk orang, dengarkan khutbah dengan fokus. Siapa yang bisa mengerjakannya dia berpotensi diampuni dosa-dosa yang pernah ia kerjakan diantara dua jumat. 

Bahkan rasul menyebut keutamaan ini disandingkan pemberian manfaat antar salat dan pemberian kafarat antar Ramadan. Berpotensi menggugurkan dosa yang diperbuat. 

Keempat, di jumat ada sekejap waktu yang sangat singkat yang dihadiahkan oleh Allah  kepada kita agar digunakan untuk berdoa. Siapa yang mampu menggunakan waktu tersebut berdoa bertepatan dengannya sesuai ada nya maka akn terjawab doa tersebut. 

Waktu ini kata UAH banyak ragam pendapat dari ulama. Antaranya di antara dua khutbah, ada juga bakda asar menjelang magrib. Maka biasakan berdoa manfaatkan malam, siang, sore, magrib boleh jadi diantara sekian doa itu itu yang bersamaan dengan waktu dijadikan allah. 

Doa yang diajarkan adalah "Ya Allah cukupan kepada kami segala yang halal bagimu dan jauhkan kami dari segala yang haram. Ya allah kami mohon kepadamu anugerah segala kemuliaan kepada kami ya Allah dan jauhkan dari segala yang buruk-buruk. Ya Allah jaga kami untuk taat kepadamu dan jauhkan dari tindakan yang tidak Engkau senangi".

Kelima, dianjurkan perbanyak sadakah berupa harta benda, uang, makanan, pakaian yang baik yang bisa dibagi sebagai gambaran ketaatan kita kepada Allah. Semoga diterima dan diikhlaskan Allah sehingga menjadi penghapus dari dosa yang dilakukan. 

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga