Kenali Dampak Mengunyah Satu Sisi Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Usia Dini

Kenali Dampak Mengunyah Satu Sisi Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut Sejak Usia Dini (Istimewa)

Covesia.com - Kebersihan mulut yang tidak terjaga juga berdampak kepada masalah di rongga mulut seperti gigi berlubang, karang gigi, dan bau mulut. Sementara, status kebersihan gigi dan mulut adalah awal dari terjadinya masalah kesehatan gigi sehingga status kebersihan gigi dan mulut harus dijaga dan dipelihara agar tetap baik. 

Selain kebersihan gigi dan mulut, terdapat sejumlah kebiasaan buruk saat mengunyah makanan yang mesti dihindari oleh orang dewasa termasuk anak-anak. 

Drg. Eni Rahmi, Sp.Pros mengungkapkan, mengunyah satu sisi bisa merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat memengaruhi status kebersihan gigi dan mulut. Kebiasaan mengunyah pada satu sisi ini, rentan menimbulkan dampak buruk di masa depan, terutama pada anak-anak. 

"Mengunyah di satu sisi dilakukan terus-menerus, lama kelamaan dapat mengakibatkan timbulnya masalah atau kelainan pada sendi rahang yang disebabkan oleh ketidakseimbangan beban pengunyahan," kata Drg. Eni Rahmi.

Mengingat pentingnya pengetahuan ini, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Andalas merasa perlu mengedukasi masyarakat, terutama pada usia anak. Atas hal itu, FKG Unand melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat yang difokuskan, salah satunya, mengenai edukasi tentang "Pengaruh mengunyah satu sisi terhadap kesehatan gigi dan mulut."


drg. Mety Dwi Putri Eszy mengatakan, penyuluhan dan pemeriksaan gigi ini dilaksanakan kepada siswa kelas 4 SD Adabiah Padang, pada 24 Maret 2022, bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa SD agar mengetahui cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini. Acara yang dilaksanakan pada pukul 10.00 WIB, dibuka oleh Dekan FKG Unand, Dr. drg. Nila Kasuma, M. Biomed.

"Penyuluhan dan pemeriksaan gigi ini melibatkan dokter gigi muda dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas. Selain itu, pada kegiatan penyuluhan kali ini juga diberikan edukasi tentang dampak kebiasaan buruk mengunyah satu sisi terhadap kesehatan gigi dan mulut anak," ungkap drg. Mety.  

drg. Desy Purnama Sari MDSc mengatakan, selain dilakukan penyuluhan tentang dampak buruk mengunyah di satu sisi, dokter gigi muda FKG Unand juga melakukan pemeriksaan gigi geligi kepada siswa-siswa SD Adabiah Padang dengan didampingi oleh dosen FKG Unand. 

"Semua murid dengan antusias dalam menunggu giliran untuk mendapatkan pemeriksaan gigi geliginya. Dokter gigi muda juga memberikan penjelasan bila terdapat lubang pada gigi siswa siswa dan edukasi bagaimana cara perawatan dan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada setiap siswa," ungkap drg. Desy. 

Dia menambahkan, setelah kegiatan ini, diharapkan siswa-siswi kelas 4 SD Adabiah Padang mengetahui dampak mengunyah satu sisi apabila dilakukan terus-menerus dan bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini, dilaksanakan atas kerja sama FKG Unand bersama Ikatan Alumni Adabiah yang tergabung dalam Perkumpulan Alumni Adabiah (PAA). (*)

Berita Terkait

Baca Juga