Edukasi Perawatan Ortodonti Usia Anak pada Siswa SD Adabiah Padang

Edukasi Perawatan Ortodonti Usia Anak pada Siswa SD Adabiah Padang (Istimewa)

Covesia.com - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Andalas (Unand) melaksanakan program pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan yang digelar pada 24 Maret 2022, mengangkat tema salah satunya “Edukasi Perawatan Ortodonti Usia Anak Pada Siswa SD Adabiah Padang”. 

Program pengabdian masyarakat ini merupakan kerja sama FKG UNAND dengan Perkumpulan Alumni Adabiah (PAA). Kegiatan ini diikuti oleh guru, siswa, dan orangtua, yang dilaksanakan secara tatap muka. Kegiatan edukasi ini dibuka langsung oleh Dekan FKG Unand, Dr.drg. Nila Kasuma, M.Biomed. 

Dia menyampaikan, kesehatan gigi dan mulut perlu dijaga semenjak usia dini. Selain itu, salah satu masalah kesehatan gigi yang sering terjadi adalah maloklusi gigi yang beberapa bentuknya adalah kondisi gigi yang tidak rapi, maju, atau cameh. 


Menurut drg. Wulandani Liza Putri, Sp. Ort, kondisi maloklusi ini sebaiknya ditanggulangi sejak dini agar maloklusi tidak berkembang menjadi lebih parah. 

"Penanggulangannya dapat dengan melakukan perawatan ortodonti. Selain untuk memperbaiki maloklusi, perawatan ortodonti juga dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya maloklusi," jelasnya.

Kepala sekolah dan ketua PAA SD Adabiah Padang melalui sambutannya berpesan kepada siswa agar memperhatikan dengan seksama agar ilmu yang diberikan edukator dapat dirasakan manfaatnya. Para siswa juga diminta tertib saat dilakukan pemeriksaan gigi untuk mengetahui jika ada masalah gigi yang terjadi sehingga dapat segera dirawat. 


drg. Wulandani menambahkan, kegiatan edukasi diawali dengan memberikan materi edukasi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. "Para siswa terlihat bersemangat mendengarkan dan memberi pertanyaan kepada para edukator," imbuhnya. 

Sementara itu, drg. Didin Kustantiningtyastuti, Sp. Ort mengatakan, setelah edukasi, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan gigi dan mulut para siswa. 

"Kegiatan ini diharapkan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa SD Adabiah Padang, khususnya kelas V tentang perawatan ortodonti yang dapat dilakukan untuk mendapatkan keadaan gigi yang baik," pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Baca Juga