FKG Unand Edukasi Siswa SD Adabiah Padang Tentang Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut

FKG Unand Edukasi Siswa SD Adabiah Padang Tentang Pentingnya Kesehatan Gigi dan Mulut (Istimewa)

Covesia.com - Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas (FKG UNAND) Bekerja sama dengan Perkumpulan Alumni Adabiah (PAA) Padang melakukan pengabdian masyarakat pada 24 Maret 2022. Kegiatan edukasi dan pemeriksaan gigi ini mengangkat tema tentang “Pentingnya merawat gigi susu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut."  

Sambutan antusias ditunjukkan oleh siswa SD Adabiah Kota Padang, dalam mengikuti kegiatan tersebut. Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas, Dr. drg Nila Kasuma M. Biomed menyebutkan, pengabdian masyarakat ini merupakan pengabdian yang dilakukan secara tatap muka pertama kali, sejak wabah pandemi COVID-19 melanda. 

Sebelumnya, aktivitas tatap muka tidak diperbolehkan, sehingga pengabdian masyarakat hanya dapat dilakukan melalui daring selama beberapa tahun. 

drg. Yudi Setiawan mengatakan sebanyak 34 dokter gigi yang merupakan dosen FKG UNAND datang langsung ke SD Adabiah Padang. Kegiatan ini juga salah satu kewajiban sebagai pendidik dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Pemberian edukasi secara langsung dan pemeriksaan gigi terhadap para siswa-siswi SD juga dibantu dokter gigi muda FKG Unand," katanya. 

Dia menyebutkan, edukasi berupa pentingnya menjaga dan merawat gigi susu sejak dini, mendapat antusias tinggi dari siswa. 

"Para siswa tidak canggung berinteraksi langsung dengan dokter gigi muda FKG Unand dan menanyakan langsung tentang kesehatan gigi dan mulut," sebutnya. 


Tampak pada gambar dokter gigi muda Dinda ratna juwita, Saskia alfina faradila, Amirah salsabila didampingi drg. Yudi Setiawan didatangi langsung oleh siswa Adabiah.

Dia menambahkan, pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan kepada siswa sekolah dasar, agar lebih memperhatikan dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

"Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan Indonesia bebas karies pada tahun 2030 yang diprogramkan oleh pemerintah," pungkasnya.

Berita Terkait

Baca Juga