Edukasi Teknik Fones: Kebersihan Gigi dan Mulut Anak Terjaga dengan Teknik Penyikatan Gigi yang Tepat

Edukasi Teknik Fones Kebersihan Gigi dan Mulut Anak Terjaga dengan Teknik Penyikatan Gigi yang Tepat (Istimewa)

Covesia.com - Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas (FKG UNAND) Berkerja sama dengan Perkumpulan Alumni Adabiah (PAA) Padang melakukan pengabdian masyarakat pada Kamis (24 maret 2022). Kegiatan yang ditujukan kepada siswa kelas 2 SD Adabiah Padang ini mengangkat tema "Edukasi Teknik Menyikat Gigi dengan Teknik Fones."

Kegiatan yang dibuka oleh Dekan FKG Unand yang itu Dr. drg. Nila Kasuma, M. Biomed. Dalam sambutannya, dia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa SD agar mengetahui cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini.  

Sementara itu, drg. Reno Wiska Wulandari mengatakan, kebersihan mulut yang tidak terjaga akan membuat masalah di rongga mulut seperti gigi berlubang, karang gigi, dan bau mulut. 

"Pada pengabdian ini, kami mengangkat salah satu topik yaitu tentang cara menyikat gigi dengan metode fones atau biasa disebut dengan teknik rotasi (putar)," ungkapnya. 

Dia menjelaskan, dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut yang utama adalah dengan menyikat gigi. Menyikat gigi dilakukan dua kali sehari pada pagi hari (30 menit setelah sarapan) dan malam (sebelum tidur) harus dilakukan dengan teknik yang tepat.

"Pada anak-anak teknik yang efektif salah satunya dengan metode fones," jelasnya. 


Siswa kelas 2 SD Adabiah sangat antusias mendengarkan penjelasan dokter gigi muda yang didampingi oleh dokter gigi FKG Unand tentang teknik penyikatan gigi yang mana membuat mereka mengetahui bahwa menyikat gigi itu mempunyai teknik tersendiri agar kebersihan gigi dapat diperoleh. 

Surma Adnan, SKM, MM mengungkapkan, selain pemberian edukasi, dokter gigi muda FKG Unand juga melakukan pemeriksaan gigi geligi kepada siswa SD Adabiah Padang. 

"Semua murid dengan antusias dalam menunggu giliran untuk mendapatkan pemeriksaan gigi geligi mereka," ujarnya. 

Dia menambahkan, setelah kegiatan ini, diharapkan siswa kelas 2 SD Adabiah Padang mengetahui cara penyikatan gigi yang efektif dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. (*)

Berita Terkait

Baca Juga