Pentingnya Menyikat Gigi Menggunakan Pasta Guna Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Pentingnya Menyikat Gigi Menggunakan Pasta Guna Meningkatkan Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak (Istimewa)

Covesia.com - Menyikat gigi adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan penyebab dari berbagai masalah kesehatan gigi, jika dilakukan dengan benar. Menyikat gigi merupakan tindakan membersihkan gigi dan mulut secara mekanis untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel pada gigi dan juga menghilangkan plak gigi. 

Menurut drg. Rahmi Khairani Aulia, MS, pengendalian plak adalah upaya mencegah penumpukan plak. Upaya tersebut dapat dilakukan secara kimiawi menggunakan pasta gigi. 

"Penggunaan pasta gigi dapat membersihkan permukaan gigi secara mekanis dan kimiawi melalui bahan abrasive dan senyawa kimia yang terkandung di dalamnya," ujarnya.

Sementara, pada anak-anak, terdapat pilihan pasta gigi khusus dengan berbagai rasa buah-buahan yang disukai oleh anak-anak, seperti strawberi, jeruk, atau anggur. Namun, katanya, yang terpenting adalah tidak sekadar memerhatikan rasa, tetapi pasta gigi bagi anak juga harus mengandung flouride. 

"Kandungan fluoride pada pasta gigi membantu menjaga gigi agar tidak berlubang, menghambat pertubuhan bakteri, dan menguatkan gigi. Pasta gigi yang tidak mengandung fluoride hanya membantu membersihkan gigi, bukan untuk melindungi gigi atau mencegah gigi berlubang," jelasnya.

Edukasi ini dinilai perlu diberikan kepada anak sejak dini, mengingat kebiasaan menyikat gigi menggunakan pasta yang mengandung fluoride akan membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak. Ini juga akan menjadi kebiasaan baik bagi anak ke depannya.


Atas dasar ini pula, guna lebih memahamkan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, khususnya penggunaan pasta gigi, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat guna memberikan edukasi sekaitan hal tersebut. 

Dia menambahkan, kegiatan pengabdian masyarakat juga merupakan salah satu kewajiban sebagai pendidik dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat tentunya akan lebih bermanfaat jika sasarannya adalah masyarakat yang tepat. 

"Kegiatan pengabdian masyarakat kali sudah diberikan kepada siswa SD Adabiah Padang. Kepala sekolah dan Yayasan SD Adabiah menyambut dengan baik kegiatan yang dilaksanan pada tanggal 24 Maret 2022. Kegiatan ini juga dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas, Dr. drg. Nila Kasuma, M.Biomed dan Kepala Sekolah SD Adabiah Padang," pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Baca Juga