Edukasi Waktu yang Benar Menyikat Gigi Saat Berpuasa

Edukasi Waktu yang Benar Menyikat Gigi Saat Berpuasa (Istimewa)

Covesia.com - Berpuasa menjadi salah satu ibadah pokok bagi umat Islam di dunia. Tidak saja ibadah puasa yang diwajibkan seperti puasa Ramadan satu bulan penuh, umat Islam juga dianjurkan melakukan puasa sunah, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. 

Ketika berpuasa, semua orang ingin menunaikan ibadah dengan lancar dan tubuh sehat serta kegiatan sehari-hari juga tidak terganggu. Sementara, tidak dapat dipungkiri, ketika berpuasa munculnya masalah kesehatan kerap terjadi pada rongga mulut, yaitu bau mulut dan sariawan. 

"Masalah yang paling sering dijumpai adalah bau mulut. Pada saat puasa rongga mulut terbatas melakukan aktivitas makan dan minum, sehingga produksi saliva atau air ludah berkurang. Kondisi tersebut merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan timbulnya bau mulut," kata drg. Haria Fitri, M. Biomed, menerangkan.

Menurutnya, dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut ketika berpuasa, diperlukan usaha dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menyikat gigi dengan cara dan waktu yang benar. 

Dia menerangkan, American Dental Association (ADA) menyatakan bahwa menyikat gigi yang efektif dilakukan sekurang-kurangnya dua menit dan minimal dua kali yaitu pada waktu pagi setelah sarapan dan sebelum tidur malam. 

"Sementara, saat berpuasa, menyikat gigi tetap harus dilakukan dua kali sehari yaitu setelah sahur dan malam sebelum tidur," imbuhnya. 

Tidak pada orang dewasa saja, masalah kesehatan mulut saat berpuasa juga terjadi pada anak-anak. Agar lebih memahamkan tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, khususnya saat berpuasa, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat guna memberikan edukasi sekaitan hal tersebut. 


Dia menambahkan, kegiatan pengabdian masyarakat juga merupakan salah satu kewajiban sebagai pendidik dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat tentunya akan lebih bermanfaat jika sasarannya adalah masyarakat yang tepat. 

"Kegiatan pengabdian masyarakat kali sudah diberikan kepada siswa SD Adabiah Padang. Kepala sekolah dan Yayasan SD Adabiah menyambut dengan baik kegiatan yang dilaksanan pada tanggal 24 Maret 2022. Kegiatan ini juga dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas, Dr. drg. Nila Kasuma, M.Biomed dan Kepala Sekolah SD Adabiah Padang," pungkasnya. 

Berita Terkait

Baca Juga