Penyebab Biaya Listrik Rumah Selalu Tinggi dan Cara Mengatasinya

Penyebab Biaya Listrik Rumah Selalu Tinggi dan Cara Mengatasinya Ilustrasi, Sumber : Istimewa
Covesia.com - Biaya listrik jadi salah satu perhitungan apabila Anda memutuskan tinggal di rumah sendiri. Anda mengalokasikan gaji bulanan untuk membayar tagihan listrik di setiap bulannya. Ketika ingin cek tagihan listrik, Anda kaget karena biayanya sangat tinggi. Padahal, Anda merasa tidak melakukan banyak kegiatan di rumah. Penggunaan barang elektronik terbilang perangkat rumah tangga.

Penyebab listrik rumah boros

Tagihan listrik yang mendadak tinggi tidak datang begitu saja. Besar kemungkinan, Anda melakukan kebiasaan sepele namun memakan banyak daya listrik. Berikut ini adalah berbagai penyebab biaya listrik rumah selalu tinggi.

1. Penggunaan AC sepanjang hari
AC dibuat untuk memberi udara sejuk di dalam ruangan. Benda ini sangat dicari bagi warga yang tinggal di kawasan dengan cuaca udara panas. Tahukah Anda kalau AC berpotensi menaikan tagihan listrik rumah Anda.

Sewaktu masih pemberlakuan PSBB, mayoritas orang bekerja dari rumah sepanjang hari. Contohnya seperti di Jawa Barat, konsumsi listrik rumah tangga selama kebijakan PSBB naik 13 sampai 20% per bulan.

Dari semua konsumsi listrik rumah tangga, mayoritas naiknya tagihan listrik dipengaruhi oleh penggunaan AC. Sedangkan sisanya adalah lampu dan perangkat elektronik lainnya.

Untuk itu, sangat disarankan untuk menggunakan AC pada waktu tertentu seperti malam hari menjelang tidur. Dengan pengaturan tersebut, Anda sudah melakukan penghematan listrik.

2. Menyalakan lampu di siang hari
Untuk alasan pencahayaan, menyalakan lampu di siang hari sangat membantu. Apalagi tidak semua rumah mendapatkan  posisi cahaya yang ideal. Namun jadi masalah kalau terus-menerus dilakukan setiap hari.

Alasan sederhananya, penggunaan lampu sepanjang hari berpotensi menaikan harga listrik. Anda bisa mengatur penerangan ruang kerja dengan lampu LED. Penggunaan lampu LED mampu menghemat listrik 60 sampai 70% dan 80 sampai 90%, tergantung merek yang digunakan.

Solusi lainnya, renovasi rumah untuk menambah ventilasi cahaya. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi ketergantungan memakai lampu di siang hari.

3. Membuka pintu kulkas dalam waktu lama
Kebiasaan seperti membiarkan pintu kulkas terbuka bisa menambah naiknya biaya tagihan listrik. Walau terlihat sederhana, namun pada tanggal 20 akan terlihat dalam cek tagihan listrik.

Sebanyak tujuh persen penggunaan energi listrik pada kulkas terjadi saat membuka pintu kulkas. Pendapat ini berdasarkan penelitian dari Institute of Food and Agricultural Sciences di University of Florida.

Angka 7 persen terlihat kecil, tetapi andaikan kalau pintu listrik dibuka dan ditahan terus-menerus. Sudah bisa ditebak listrik rumah jadi boros.

4. Isi kulkas terlalu penuh atau terlalu kosong
Selain membiarkan pintu kulkas terbuka terlalu lama, isi kulkas juga berkontribusi dalam anggaran biaya listrik. Kenapa bisa begitu? Mesin kulkas bekerja dua kali lipat ketika kulkas terlalu penuh atau kosong.

Sebagai ilustrasi, kulkas dua pintu membutuhkan daya 100 sampai 120 watt. Apabila kulkas dua pintu terlalu banyak barang yang disimpan, daya listrik yang dihasilkan mencapai 200 sampai 240 watt. Sebaliknya, kulkas kosongan menghasilkan daya serupa.

Oleh sebab itu, penataan isi kulkas serapi mungkin menjadi penolong pendingin kulkas bekerja dengan optimal. Pemilihan bahan makanan yang layak masuk kulkas dapat Anda pertimbangkan.

5. Lupa mencabut colokan listrik
Keasikan ngecas smartphone sampai-sampai lupa mencabut colokan charger. Stop kontak masih penuh dengan berbagai charger. Tahukan kalau charger smartphone masih menghasilkan listrik ketika masih tertancap di stop kontak.

Colokan memang menghasilkan daya listrik sangat kecil. Itu baru satu, bayangkan kalau rumah Anda terpasang colokan yang tidak dipakai. Bisa-bisa uang Anda habis untuk membayar tagihan listrik.

Mulai sekarang, ganti kebiasaan meninggalkan colokan begitu saja di stop kontak. Cabut charger smartphone dan sejenisnya setelah tidak digunakan.

Bagaimana kalau masalahnya adalah smartphone boros baterai? Anda perlu ganti smartphone dengan kapasitas baterai sekitar 5000 mAh. Keunggulannya adalah dapat bertahan seharian penuh. Kunjungi Bukalapak untuk mendapatkan smartphone baterai 5000 mAh.

6. Pemasangan saklar otomatis untuk mematikan pompa air
Hal yang tidak disadari pengguna rumah adalah penggunaan saklar otomatis untuk pompa air.

Cara kerja saklar otomatis pompa air adalah mesin terus beroperasi setelah mencapai kondisi tekanan tertentu. Dengan kata lain, kalau tekanan tidak sesuai mesin terus walau aliran air sudah ditutup kran.

Akan menjadi tidak efisien kalau mesin pompa harus menyedot daya listrik lebih besar untuk mencapai kondisi tekanan tertentu.

7. Meninggalkan TV dalam keadaan menyala
Kebiasaan lain yang membuat listrik boros adalah membiarkan TV menyala sepanjang hari. Tahukah Anda kalau TV tabung terbilang boros karena mengkonsumsi banyak listrik. Apalagi, Anda tinggal tidur dengan keadaan TV tabung menyala. Bayangkan berapa rupiah yang pergi dari kantong Anda.

Mengganti TV LED merupakan solusi untuk mengurangi pembengkakan tagihan listrik. TV LED mampu menghemat daya listrik sampai 50 persen. Konsumsi dayanya saja berkisar 80 sampai 150 watt. Walau begitu, harga di pasaran terbilang mahal.

Sudah tahukan penyebab biaya listrik rumah Anda mendadak bengkak. Ubah kebiasaan hemat energi apabila Anda masih melakukan satu dari tujuh kebiasaan tersebut. Sembari mengubah kebiasaan, jangan lupa bayar tagihan listrik tepat waktu lewat Bukalapak

Berita Terkait

Baca Juga