5 Etika Penting dalam Hidup yang Perlu Kamu Pahami

5 Etika Penting dalam Hidup yang Perlu Kamu Pahami Foto: Suara.com

Covesia.com - Sedari kecil, kita dituntut oleh orangtua kita untuk menjadi seseorang yang beretika baik. Selalu mengucapkan terima kasih ketika ditolong oleh seseorang, memanggil orang yang lebih tua dengan panggilan yang sopan, tidak boleh mengeluarkan suara dentingan sendok di meja makan, mendahului orang yang lebih tua, dan masih banyak lagi. Ajaran-ajaran masa kecil ini yang akan berperan penting di masa depan dan menentukan bagaimana pandangan seseorang terhadap kita.

Oleh karena itu, berikut 5 etika yang selalu kita tanamkan di dalam diri. 

1. Etika saat bertamu ke rumah orang

Saat hendak bertamu ke rumah orang, terlebih dahulu kita harus memastikan bahwa orang tersebut ada di rumah atau tidak dalam keadaan sibuk. Jika sudah memastikan, jangan lupa untuk membawa buah tangan bagi orang yang kita kunjungi tersebut. Setibanya di sana, jangan masuk ke rumah sebelum dipersilakan oleh tuan rumah. Duduklah di tempat yang dipersilakan. Yang terpenting ialah kita harus menjaga sikap dan lisan kita di rumah orang lain. 

2. Etika saat berbicara

Saat berbicara pun kita harus tahu etikanya. Tidak boleh berteriak dengan suara melengking. Karena, kita akan dianggap seperti orang yang tidak berpendidikan. Jika sedang berbicara dengan orang yang lebih tua, kita harus tahu sopan santun. Gunakan kalimat yang enak di dengar. Jangan terkesan kurang ajar. 

3. Etika saat makan

Siapa di sini yang ketika makan sering membunyikan dentingan sendok ke atas piring yang menyebabkan suara berisik? Ini adalah salah satu kebiasaan buruk yang akan menentukan pandangan orang terhadap kita. Usahakan saat makan, jangan membunyikan suara sendok apalagi berbicara di depan meja makan. Tahan topik pembicaraan kita sampai acara makan selesai. Jika di meja makan ada orang yang lebih tua, maka dahulukanlah mereka, baru yang lebih muda. 

4. Etika saat meminta bantuan

Saat hendak meminta bantuan, pertama-tama jangan lupa untuk mengucapkan maaf karena telah mengganggu orang tersebut, kemudian ucapkan kata tolong. Ketika telah dibantu, maka ingatlah untuk mengucapkan terima kasih kepada orang tersebut. 

5. Etika tertawa di depan publik

Di depan publik, usahakan agar tertawa sewajarnya. Tidak membesarkan suara dan terkesan dibuat-buat. Alangkah baiknya jika kita juga menutup mulut dengan tangan ketika tertawa. 

Itu adalah 5 etika yang harus selalu kita ingat untuk kita terapkan di kehidupan kita. Semoga artikel ini bermanfaat. 

(Suara.com)

Berita Terkait

Baca Juga