Sanjung Jam Gadang Fashion Week Bukittinggi, Sandiaga Uno: 'Onde Mande Rancak Bana'

Sanjung Jam Gadang Fashion Week Bukittinggi Sandiaga Uno Onde Mande Rancak Bana Jam Gadang Fashion Week (Foto: Istimewa)

Covesia.com - Kehebohan Citayam Fashion Week (CFW) mulai menjalar kebeberapa daerah di Indonesia, tidak terkecuali ranah minang, tepatnya di area seputar jam gadang Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. 

Hal itupun mendapat respon baik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sandiaga Uno, katanya, demam Fashion Week merambah ke Ranah Minang.

"Demam Haradukuh Fashion Week Fashion Week merambah keberbagai daerah!, tidak terkecuali di Ranah Minang," tulisnya pada akun Instagram @sandiuno. 

Lanjut dia, Jam Gadang Fashion Week dapat melestarikan pakaian adat daerah dengan cara keginian. 

"Onde mande rancak bana!, anak-anak urang awak ini memperkenalkan sekaligus melestarikan pakaian adat daerahnya dengan cara kekinian kepada generasi milenial dan gen Z," lanjutnya.

Kata Sandiaga Uno, Jam Gadang Fashion Week jika ditata dengan baik dapat menciptakan multipliar effect terhadap kebangkitan ekonomi masyarakat.

"Ini satu hal positif yang bisa didorong diberbagai daerah, tentunya dengan melibatkan stake holder sehingga nantinya bukan hanya latah karena viral, namun juga ditata dengan baik dan dapat menciptakan multiplier effect terhadap kebangkitan ekonomi, terbukanya peluang usaha dan lapanggan kerja baru bagi masyarakat daerah," katanya.

Ia berharap, demam fashion week dapat menjamur ke berbagai daerah dengan menampilkan fashion adat dan budaya. "Semoga semakin menjamur ke daerah lainnya, menampilkan fashion sesuai adat dan budaya daerahnya masing-masing," tuturnya.

Terlihat, video yang diposting pada Jumat (29/6/2022) pagi dalam akun Instagram @sandiuno itu menampilkan laki-laki dan perempuan yang menjajal area di seputar Jam Gadang Kota Bukitinggi dengan mengenakan pakaian adat.

(lia)

Berita Terkait

Baca Juga