Dinkes Sumbar Sasar 32 Ribu Nakes untuk Vaksin Booster Dosis Keempat

Dinkes Sumbar Sasar 32 Ribu Nakes untuk Vaksin Booster Dosis Keempat Ilustrasi (Dok.Covesia)

Covesia.com - Pemerintah Pusat telah menyelenggarakan pemberian dosis keempat bagi tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Menanggapi hai itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Sumatera Barat (Sumbar), Lila Yanwar mengatakan bahwa pemberian dosis keempat bagi tenaga kesehatan di Sumbar sudah mulai diselenggarakan sejak 29 Juli 2022.

"Kita sudah bersiap-siap, sudah disosialisasikan, dan beberapa rumah sakit sudah menyelenggarakan," ungkapnya saat dihubungi via telpon, Kamis (4/8/2022)

Dikatakan Lila, pemberian dosis keempat bagi nakes ini dilakukan sebab kembali meningkatnya angka Covid-19 dan kemungkinan dosis sebelumnya belum mencapai hight immunity.

"Masyarakat kita belum mencapai 70% pada vaksin ketiga. Kemungkinan angka covid juga akan naik. Sedangkan nakes selalu berhadapan dengan pasien. Jadi perlu ditingkatkan vaksinnya," jelasnya.

Lila mengatakan pelaksanaan dosis keempat dilakukan hingga mencapai sasaran. Sehingga tidak ada batasan waktu pelaksanaan.

"Sasaran kita sekitar 32 ribu nakes, baik dokter, perawat, bidan, tenaga laboratorium. Vaksin juga masih ada. Insya Allah tercukupi," jelasnya.

Lebih lanjut, Lila mengatakan para tenaga kesehatan dapat menerima dosis keempat ini dari instansi pelayanan kesehatan, yakni puskesmas dan rumah sakit yang ada di Sumbar.

Selain itu, Lila juga menghimbau para tenaga kesehatan di Sumbar untum bersedia mengikuti vaksin dosis keempat ini agar terlindung dari Covid-19 yang masih belum berakhir.

"Sesuai dengan beban kerja dan resiko, kita berharap nakes dapat mengikuti vaksin ini. Kita harus saling melindungi satu sama lain, agar terhindar dari virus ini," tutupnya.

(adi)


Berita Terkait

Baca Juga