Inilah Manfaat Asuransi Perjalanan yang Ciptakan Keamanan dan Kenyamanan Saat Liburan

Inilah Manfaat Asuransi Perjalanan yang Ciptakan Keamanan dan Kenyamanan Saat Liburan Ilustrasi (Ist)

Covesia.com - Setiap perjalanan pasti selalu saja ada risiko yang mengancam, mulai dari risiko kecelakaan, kehilangan barang, dompet, dan lain sebagainya. 

Banyaknya risiko di perjalanan tersebut bisa diminimalisir dengan asuransi perjalanan. Manfaat asuransi perjalanan ini mampu melindungi siapapun tetap merasa aman dan nyaman saat bepergian.

Terutama bagi Anda yang sedang melakukan liburan, baik di dalam negeri maupun ke luar negeri. Tentu risiko perjalanan akan semakin besar tergantung dari tujuan perjalanan ke tempat yang jauh.

Berbagai jenis asuransi ini tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sekarang ini siapapun bisa memperolehnya dengan mudah melalui asuransi online terbaik.

Bahkan bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi ke luar negeri, sudah banyak tersedia asuransi perjalanan internasional terbaik. Sehingga kapanpun Anda inginkan bisa segera membeli polis yang tepat dengan harga premi yang terjangkau.

Mengapa Harus Memiliki Asuransi Perjalanan?

Asuransi perjalanan adalah asuransi yang bisa melindungi seseorang dari berbagai risiko saat melakukan perjalanan. Perlindungan yang didapatkan berupa meminimalisir dampak kerugian finansial. 

Seperti ketika terjadi kecelakaan, kehilangan barang, dan kejadian yang tidak terduga saat perjalanan tersebut.

Biasanya asuransi perjalanan ini dibeli saat melakukan pembelian tiket, saat memesan hotel, atau saat berada di bandara. Bahkan, untuk asuransi perjalanan ke luar negeri sudah menjadi syarat wajib dalam mengajukan visa.

Syarat wajib kepemilikan asuransi ketika bepergian ini menunjukkan betapa pentingnya asuransi perjalanan. Di mana terdapat risiko yang sangat besar ketika seseorang berada dalam perjalanan. 

Apalagi, ketika berlibur ke luar negeri yang notabene berada di pemerintahan negara lain.

Jenis-jenis Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan ini memiliki beberapa jenis yang bisa dibedakan berdasarkan tujuan perjalanan, tempat, jumlah tertanggung, dan waktu perjalanan.

Nah, bagaimana masing-masing penjelasannya?

Asuransi Perjalanan Berdasarkan Tujuan

Asuransi ini ada dua jenis, yaitu asuransi perjalanan yang bertujuan untuk liburan dan asuransi yang bertujuan untuk pekerjaan. 

Untuk asuransi perjalanan liburan biasanya preminya lebih rendah dibandingkan dengan tujuan pekerjaan. Karena tujuan bisnis tentunya memiliki risiko lebih besar.

Asuransi Perjalanan Berdasarkan Tempat

Terdapat dua jenis asuransi yang dibedakan berdasarkan tempat perjalanan, yaitu asuransi perjalanan domestik, dan asuransi perjalanan luar negeri. 

Jenis asuransi perjalanan luar negeri jelas memiliki premi yang jauh lebih besar, karena coverage areanya lebih luas.

Asuransi Perjalanan Berdasarkan Jumlah Tertanggung

Asuransi jenis ini dibedakan berdasarkan asuransi individu dan kelompok. 

Biasanya asuransi kelompok memiliki premi yang lebih kecil, karena asuransi tersebut preminya ditanggung secara berkelompok. 

Berbeda dengan asuransi perjalanan individu yang harus menanggung preminya sendirian.

Asuransi Perjalanan Berdasarkan Jangka Waktu

Asuransi ini juga dibedakan berdasarkan dua hal. Pertama asuransi untuk satu kali perjalanan, dan asuransi untuk beberapa perjalanan dalam satu tahun atau annual trip insurance.

Bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi tentunya annual trip insurance lebih efekti. Anda tidak perlu lagi mengurusi pembelian asuransi ketika melakukan perjalanan berkali-kali. 

Manfaat Asuransi Perjalanan

Adanya asuransi perjalanan ini didasarkan pada kebutuhan masyarakat yang pastinya mendapatkan banyak resiko saat melakukan perjalanan. 

Risiko yang bisa terjadi seperti adanya kecelakaan, kehilangan barang, biaya pengobatan, dan hal lainnya yang tidak terduga saat perjalanan.

Besarnya risiko tersebut bisa di minimalisir dengan adanya asuransi perjalanan. Nah, simak apa saja manfaat asuransi perjalanan berikut!

Jaminan Ganti Rugi Kehilangan Barang atau Kerusakan di Bagasi

Tentu semua orang menginginkan perjalanan yang lancar, aman, dan nyaman. Namun, tetap saja ada risiko yang membuat perjalanan terganggu, seperti ketika terjadi kerusakan barang atau bahkan kehilangan barang saat berada di bagasi.

Dengan adanya asuransi ini, Anda bisa mendapatkan ganti rugi sesuai dengan nilai barang. 

Atau sesuai dengan perjanjian dalam polis yang telah disepakati bersama.

Mendapat Ganti Rugi Saat Keterlambatan Perjalanan atau Pembatalan

Masalah delay atau bahkan keterlambatan ini juga sering kali terjadi. 

Kondisi seperti ini jelas sangat mengganggu rencana perjalanan, apalagi ketika melakukan perjalan ke luar negeri. 

Tenang, dengan adanya asuransi perjalanan, konsumen bisa mendapatkan kompensasi.

Manfaat asuransi perjalanan seperti ini biasanya didapatkan bagi Anda yang melakukan perjalanan dengan pesawat.

Mendapatkan Biaya Pengobatan

Ketika seseorang mengalami sakit saat bepergian, apalagi saat di luar negeri, tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatannya. 

Karena asuransi perjalanan juga mengcover biaya pengobatan tersebut.

Mendapat Santunan Atas Kecelakaan dan Kematian

Risiko paling besar saat berada di perjalanan adalah adanya kecelakaan atau bahkan kematian. 

Kondisi seperti ini tentu sangat penting terutama bagi orang yang menjadi tulang punggung keluarga. Sehingga saat peristiwa terjadi, ada santunan uang yang bisa digunakan oleh keluarga.

Faktor Lain yang Tidak Terduga

Ada faktor lainnya yang seseorang tetap mendapatkan jaminan perlindungan dari asuransi. 

Seperti biaya hukum ketika terjadi tuntutan hukum saat perjalanan, adanya kerusuhan di tempat tujuan, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah manfaat asuransi perjalanan yang bisa memberikan rasa aman dan nyaman saat Anda sedang melakukan perjalanan. 

Dengan asuransi ini, tentunya siapapun bisa mendapatkan perlindungan terbaik dari berbagai macam risiko perjalanan yang tidak terduga. 

(ril) 

Berita Terkait

Baca Juga