6 Cara Pasang Loker di Kandidat.id untuk Temukan Karyawan Berkualitas

6 Cara Pasang Loker di Kandidatid untuk Temukan Karyawan Berkualitas Ilustrasi, Sumber : Kandidat.id

Covesia.com - Saat ini, ada jutaan pelamar kerja di luaran sana yang sedang berbondong-bondong mencari lowongan kerja. Sebagai perusahaan yang membutuhkan pelamar yang berkualitas, apakah kalian tau, bagaimana cara pasang loker yang baik dan menarik, agar kamu bisa mendapatkan pelamar yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan?

Cara Pasang Loker untuk Menemukan Karyawan Berkualitas

Jutaan pelamar kerja yang sedang mencari lowongan pekerjaan membuat perusahaan bingung untuk memilih tenaga kerja yang memang memiliki kualitas. Berikut adalah tips untuk pasang loker agar menemukan anggota karyawan berkualitas.

1. Pastikan untuk Mencantumkan Detail Perusahaan

Para pelamar kerja yang berkualitas sebagian besar memiliki kesamaan dalam satu hal yaitu memiliki sikap yang kritis.

Hal yang dimaksudkan disini ialah, mereka tidak hanya sekedar dalam mendaftar pekerjaan ke beragam perusahaan. Namun, mereka pasti terlebih dahulu memastikan bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang real dan sesuai dengan kebutuhan serta skill yang mereka miliki.

Karena, sekarang ini banyak perusahaan bodong di luar sana yang menggunakan berbagai cara untuk melakukan penipuan terhadap para pelamar kerja. Apalagi semakin banyaknya portal kerja yang menerapkan sistem pasang loker gratis tanpa verifikasi terlebih dahulu.

Kemudian detail apa saja yang perlu kamu cantumkan?

Nah, untungnya sekarang sudah tersedia situs website pencari lowongan kerja yang tentunya memiliki sistem verifikasi detail dan mumpuni, yaitu kandidat.id.

Kandidat.id sudah memfasilitasi form berstandar yang bisa langsung kamu isi, terkait data-data umum perusahaan. Maka dari itu, saat mendaftar di situs tersebut, kamu pasti akan mengetahui data apa saja yang perlu dicantumkan.

Berikut data-data yang perlu kamu siapkan diantaranya:

Nama bisnis dan jenis legalitas

Yang pertama kamu harus lakukan ialah memasukkan nama bisnismu beserta jenis legalitasnya. Jenis legalitas perusahaan yang dapat dipilih antara lain: PT, CV, perorangan, UD (usaha dagang yang dilakukan perseorangan), PD (perusahaan dagang, sama seperti UD), koperasi, serta yayasan.

Alamat lengkap perusahaan

Nomor telepon perusahaan

Nama penanggungjawab

Bidang usaha

Alamat website perusahaan

Alamat e-mail perusahaan

Logo bisnis

Setelah melengkapi data-data yang diperlukan tersebut, kandidat.id akan mengirimkan kode OTP untuk keperluan validasi.

Ketika akun yang kamu daftarkan sudah berhasil melewati tahap ini, baru kemudian tim dari kandidat.id akan melakukan validasi terhadap data-data yang kamu kirim. Proses ini biasanya berlangsung 1x24 jam.

2. Cantumkan Detail Tambahan

Saat sudah berhasil mendaftarkan detail perusahaan yang sudah dilakukan tahap sebelumnya, selanjutnya kamu pun bisa menambahkan detail-detail tambahan pada profil perusahaan atau lowongan kerja yang hendak di publish.

Berikut adalah beberapa detail penting yang sebaiknya kamu cantumkan:

Alamat Perusahaan

Salah satu pertimbangan pelamar kerja dalam mencari tempat kerja ialah jarak tempuh yang diperlukan dari tempat tinggal ke lokasi kerja, maka kamu perlu mencantumkan pula koordinat di Google Maps untuk memudahkan para pelamar kerja mengetahui titik lokasi perusahaan.

Bidang Usaha

Supaya para pelamar kerja mengetahui bidang usaha yang kamu geluti, cantumkan pula informasi lingkup bidang usahamu sedetail mungkin. Hal ini tentu akan menarik niat para pelamar kerja yang memiliki skill dan ketertarikan di bidang yang sama akan segera melamar di perusahaan yang kamu pimpin.

Lengkapi keterangan lebih detail terkait model bisnismu, jika kamu ingin para pelamar kerja untuk mengetahui informasi ini.

Contohnya, daripada hanya mencantumkan “agensi penjualan properti”, kamu bisa melengkapinya seperti ini “agensi penjualan properti dengan fokus utama menjual rumah-rumah baru untuk keluarga muda”.

Tanggal Berdiri

Perusahaan yang sudah lama berdiri lebih terlihat berpengalaman dan lebih bona fide, serta pelamar kerja juga akan merasa aman untuk melamar pada perusahaan tersebut. Jadi ketika perusahaanmu memang sudah lama berdiri, kamu bisa mencantumkan informasi tanggal berdirinya supaya para pelamar kerja semakin yakin untuk melamar. 

Motto atau Tagline Perusahaan

Agar para pelamar kerja dapat mengetahui budaya di perusahaanmu, kamu bisa mencantumkan motto atau tagline dari perusahaan.

Visi dan Misi

Setiap pelamar kerja pasti memikirkan bagaimana perkembangan perusahaan yang hendak ia cari dan arah karir mereka pada perusahaan tersebut, maka penting halnya kamu untuk mencantumkan informasi visi dan misi perusahaan secara singkat. Jika visi dan misi yang mereka miliki sama dengan perusahaanmu, mereka akan semakin tertarik untuk bergabung.

Selain itu, menurut hasil riset pun telah membuktikan bahwa para pelamar kerja di generasi Z dan Milenial akan lebih tertarik bergabung dengan perusahaan yang memiliki keyakinan atau visi yang sama dengan mereka.

Produk atau Program Unggulan

Masing-masing perusahaan pasti memiliki produk atau program unggulan tersendiri, maka perusahaanmu perlu menampilkan juga produk atau program unggulan yang sudah banyak dikenal masyarakat atau memiliki sales bagus.

3. Berikan Gambaran Suasana Kerja di Perusahaan

Sebagai pelamar kerja, kekhawatiran terbesar sudah pasti ialah suasana di tempat kerja. Karena ketika berada ditempat kerja yang tidak nyaman atau tidak sesuai dengan pribadi mereka, tentu mereka akan merasa ketakutan.

Jika mereka sudah masuk dan menandatangani kontrak kerja, maka para pelamar kerja akan “terjebak” dan sulit untuk keluar dari perusahaan tersebut.

Sebagai pemilik perusahaan, hal ini tentu amat merugikan, karena karyawan yang tidak nyaman akan menurukan produktivitasnya serta rasa memiliki dan loyalitasnya kepada perusahaan akan biasa-biasa saja dan bukan hal penting untuk mereka.

Padahal, karyawan yang memiliki produktivitas serta memiliki loyalitas tinggi dapat dijadikan salah satu aset terbaik yang bisa perusahaan miliki.

Oleh karena itu, berikanlah gambaran tentang suasana kerja dan budaya bekerja di perusahaanmu.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu ikuti:

Tambahkan Foto Bangunan Perusahaan dan Ruangan Kerja

Gunakan jasa fotografer profesional untuk memotret gedung perkantoran dan area kerja di dalamnya. Pastikan foto-foto tersebut representatif dan tidak hanya pandai menjelaskan situasi yang sebenarnya, tetapi juga menarik. Jika Anda tidak ingin menghabiskan lebih banyak uang untuk menyewa seorang fotografer, Anda juga dapat meminta bantuan salah satu karyawan yang memiliki hobi di bidang fotografi.

Tambahkan Foto Karyawan dan Suasana Kerja

Upload-lah suasana kerja sehari-hari di perusahaanmu, supaya mereka mendapatkan gambaran tentang bagaimana kegiatan mereka saat bekerja di perusahaanmu kelak.

Jika kamu memiliki foto bersama dengan karyawan, kamu pun bisa menampilkannya. Apalagi jika ada foto-foto kegiatan rekreasi di luar kantor seperti outing atau hiking bersama itu akan menjadi nilai plus bagi mereka.

Highlight Poin-poin Menarik

Jika kantormu memiliki area-area atau kegiatan yang menarik, jangan sungkan untuk menonjolkannya. Sebab, ini adalah cara terbaik untuk menarik minat calon pelamar.  Misalnya, beberapa kantor memiliki kantin yang murah dan sehat. Contoh lainnya memiliki kebun atau taman atap di mana karyawan dapat beristirahat dan bersantai. Tambahkan foto tempat ibadah perusahaanmu dan kegiatannya. Banyak karyawan yang ingin memiliki tempat ibadah yang representatif di tempat kerjanya.

4. Cantumkan Detail Posisi, Job Description, dan Job Requirements

Setelah data perusahaan sudah lengkap dan terverifikasi secara detail, selanjutnya masuk ke tahap menulis konten utama dari lowongan kerja, yakni posisi, job description, serta job requirements/specifications.

Pada bagian posisi, jelaskan posisi lapangan pekerjaan yang dibuka untuk para pelamar kerja. Pastikan kamu menggunakan nama posisi yang sudah umum. Misalnya “programmer” atau “desainer”.

Namun, jika posisi tersebut memiliki jenis yang spesifik, cantumkan juga detail tersebut pada bagian posisi. Misalnya daripada sekedar menyertakan “programmer”, kamu bisa menulis detailnya seperti “programmer back-end/front-end”.

Langkah berikutnya, kamu perlu membuat deskripsi pekerjaan dari posisi tersebut pada bagian job description. Jelaskanlah secara singkat dan mudah dipahami tentang kewajiban dari posisi tersebut.

Jangan lupa juga untuk menyertakan jenis karirnya, apakah terbuka sebagai pekerja tetap, pekerja kontrak, freelance, magang, atau lainnya.

Misalnyanya saja kamu bisa menulis:

“Dicari pekerja tetap untuk posisi programmer back-end yang akan bertanggungjawab untuk meng-handle website perusahaan, dengan deskripsi pekerjaan sebagai berikut:

- Melakukan maintenance.

- Melakukan input database.

- Dan sebagainya.”

Setelah itu, jelaskan pula requirements atau skills serta pengalaman yang menjadi syarat pelamar untuk bisa mendaftar ke posisi tersebut. Contohnya:

“Requirements untuk posisi ini adalah:

- IPK minimal 3.5 / 4.0 dari kampus favorit.

- Menguasai bahasa pemrograman A, B, dan C.

- Menguasai sistem jaringan dan database.

- Pernah melakukan handling proyek di bidang yang berkaitan.”

Dengan menampilkan informasi detail ini, para pelamar kerja akan lebih mudah menilai apakah ia cocok dengan pekerjaan tersebut atau tidak.

5. Sertakan Hak, Jenjang Karir, dan Rentang Gaji

Bagian selanjutnya menjelaskan hak dan manfaat yang akan diterima calon karyawan jika berhasil diterima. Misalnya: “Hak yang diberikan kepada pekerja adalah: 

- Dua hari libur dalam seminggu.

- Asuransi kesehatan.

- Cuti kerja sebanyak 1 minggu dalam setahun.”

Sebutkan juga peluang perkembangan karir yang bisa mereka dapatkan. Misalnya: “Peluang pengembangan karir yang bisa didapatkan adalah:

- Berpeluang menjadi pekerja tetap setelah 1 tahun bekerja.

- Berpeluang mendapatkan bantuan pendidikan.

- Berpeluang mengikuti beragam training dan seminar.”

Selain hal di atas, sebutkan pula rentang gaji yang bisa perusahaan berikan. Misalnya: “Kami menyediakan rentang gaji antara 5-7,5 juta untuk posisi ini”.

Sebagai referensi, coba kamu lakukan riset tentang rata-rata gaji posisi tersebut. Jangan sampai gaji yang kamu berikan terlalu kecil atau bahkan di bawah UMR.

6. Lengkapi Informasi Penting Lainnya

Photo by Austin Distel on Unsplash

Ketika kamu memiliki informasi penting lain yang ingin disampaikan terkait posisi tersebut, kamu bisa menyampaikannya secara ringkas di bagian akhir lowongan kerja yang dibuat.

Beberapa informasi yang mungkin perlu kamu tambahkan di aplikasi mencari karyawan kandidat.id adalah:

Proses Rekrutmen

Sebutkanlah rangkaian tahapan proses rekrutmen di perusahaanmu. Misalnya diawali dengan seleksi berkas, kemudian berlanjut dengan wawancara, tes minat dan bakat serta IQ, dan pelatihan/onboarding.

Timeline Rekrutmen

Sajikan dengan detail tanggal-tanggal penting dalam proses rekrutmen. Agar pelamar tidak kebingungan mengenai proses rekrutmen. Jika kamu tidak menyertakan informasi tersebut, maka mereka akan terus-menerus menghubungimu.

Pemberian Kabar

Apakah hanya mereka yang diterima ke tahap selanjutnya yang akan dihubungi? Atau yang tidak diterima pun akan mendapatkan pemberitahuan?

Pertanyaan itu akan ada di benak para pelamar kerja, jadi kamu juga perlu menjelaskan hal ini dengan detail karena akan sangat penting bagi para pelamar kerja untuk mendapatkan kepastian.

Kontak Resmi Perusahaan

Pada masa pandemi ini, ketika banyak orang membutuhkan pekerjaan, ternyata masih banyak pihak tidak bertanggungjawab yang tega mencari uang dengan menipu para pelamar kerja.

Mereka berpura-pura sebagai pihak perusahaan, kemudian meminta sejumlah uang pada karyawan dengan iming-iming agar mereka bisa segera masuk kerja.

Oleh karena itu, kamu perlu menampilkan informasi kontak resmi perusahaan. Tuliskan pula bahwa kamu tidak bertanggungjawab atas kontak-kontak lain yang mengatasnamakan perusahaan.

Sampaikan pula pada mereka agar melaporkan kepadamu jika ada pihak tidak bertanggungjawab yang berpura-pura sebagai anggota perusahaan.

Kesimpulan

Pada masa pandemi, ada jutaan pelamar kerja di luar sana yang memenuhi bursa lapangan pekerjaan. Sebagai pemilik bisnis, tentunya kita ingin agar karyawan yang kita dapatkan adalah karyawan berkualitas dan memiliki karakter baik.

Salah satu cara untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas adalah dengan memasang iklan lowongan kerja yang juga berkualitas. Terutama di portal pencarian kerja terpercaya dan memiliki jaringan luas seperti kandidat.id.

Meski menggunakan sistem pasang loker gratis, kandidat.id pun memiliki proses verifikasi yang aman dan detail. Oleh karena itu, para pelamar kerja yang berkualitas pun merasa aman mencari lowongan di dalamnya.

Setelah sekarang sudah mengetahui cara pasang loker yang baik di kandidat.id, kamu bisa langsung menerapkannya di situs mereka.

Berita Terkait

Baca Juga