Ini Kata Dokter yang Merawat Bayi Kembar Siam di RSUP M Djamil Padang

Ini Kata Dokter yang Merawat Bayi Kembar Siam di RSUP M Djamil Padang Bayi kembar Siam yang dari Pariaman, saat ini dilakukan perawatan intensif di RSUP M Djamil Padang, Kamis (22/9/2022)(Foto: Covesia-Pariyadi)

Covesia.com - Bayi kembar siam berjenis kelamin laki-laki dari pasangan Adrianto dan Ayu Septiani saat ini tengah mendapatkan perawatan intensif dari tim dokter RSUP M Djamil Padang, Kamis (22/9/2022).

Dokter Spesialis Anak Konsultan RSUP M Djamil, Eniyantri membenarkan saat ini dirinya bersama tim tengah melakukan penanganan intensif terhadap bayi tersebut.

"Iya ada bayi kembar siam yang masuk ke RSUP M DJamil berasal dari Pariaman, saat ini tengah kami tangani disini," ucapnya kepada wartawan di Ruang NICU tempat bayi dirawat.

Kondisi bayi saat ini lanjutnya, pernafasan bayi tersebut harus dibantu dengan ventilator (alat bantu pernapasan) dan nantinya pihaknya akan membentuk tim dari berbagai bidang ilmu untuk penanganan lanjutan terhadap bayi tersebut.

"Jadi nanti akan dirawat bersama dengan berbagai disiplin ilmu kedokteran dan kita akan membentuk tim dari berbagai disiplin ilmu yang terlibat dalam merawat bayi tersebut," jelasnya. 

Sampai sekarang, lanjutnya bayi masih menjalani pemeriksaan intensif oleh berbagai dokter yang menangani.

"Kondisi bayi tersebut saat ini masih stabil, namun stabil dalam dukungan/support alat-alat penunjang," terangnya.

"Seperti pernafasan dibantu dengan ventilator, untuk nutrisi melalui part amrinal seperti infus. Pastinya saat ini kondisi bayi menunjukkan gejala yang baik," sambungnya.

Untuk penanganan selanjutnya kondisi bayi akan terus dilakukan pemeriksaan dan diberikan penanganan sesuai kebutuhannya yang hasilnya apapun langkah kedepan akan dilakukan sesuai dengan kesepakatan dari semua tim yang dibentuk tadi.

"Termasuk dalam pemeriksaan-pemeriksaan penunjang akan dijadikan bahan kajian untuk langkah selanjutnya yang akan diambil," imbuhnya.

Sebelumnya bayi kembar siam berjenis kelamin laki-laki dari pasangan Adrianto dan Ayu Septiani lahir dengan cara operasi sesar di RSUD dr. Sadikin Padusunan Kota Pariaman pada Rabu (21/9/2022) malam.

Keadaan bayi tersebut memiliki 2 kepala, namun semua organ yang lain hanya satu, seperti jantung, hati, dan paru-paru.

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga