BerandaLifestyleSering mengalami Insomnia? Ini Cara Mengatasinya

Sering mengalami Insomnia? Ini Cara Mengatasinya

- Advertisement -

Covesia.com – Istilah insomnia bukanlah hal yang asing lagi di telinga kita. insomnia dapat diartikan kesulitan memulai tidur pada malam hari. Waktu tidur yang pendek atau jadwal tidur yang tak teratur tidak baik untuk kesehatan.

Meskipun kita sering menganggap hal tersebut sudah biasa terjadi, akan tetapi insomnia berbahaya bagi kesehatan.

Insomnia tersebut bisa menyerang siapa saja baik orang berusia lanjut, dewasa maupun remaja. Orang yang sering mengalami gangguan tidur kebanyakan kalangan anak muda berusia 20an. Hal ini terjadi karena kalangan muda lebih banyak merokok dan minum minuman beralkohol.

Dikutip dari alodokter.com, Kamis (2/8/2021), kagangguan tidur atau insomnia tersebut dapat dicegah dengan melakukan beberapa hal, di antaranya:

  1. Usahakan untuk terus berpikir positif
    Insomnia bisa lebih mudah dialami oleh orang yang sering cemas atau khawatir berlebihan. Oleh karena itu, cobalah terus berpikir positif atau selalu menenangkan pikiran.
  2. Kurangi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein
    Mengurangi mengonsumsi minuman beralkohol berkafein juga dapat mencegah terjadinya insomnia. Apalagi meminum minuman tersebut pada malam hari menjelang mau tidur. Tentunya akan sangat mudah mengalami insomnia. Agar lebih sehat, dapat digantikan dengan minum susu atau air putih.
  3. Hindari merokok sebelum tidur
    Rokok juga dapat menyebabkan insomnia. Kandungan nikotin pada rokok menyebabkan sulit untuk memulai tidur.
  4. Konsumsi obat tidur sesuai resep dokter
    Dalam mengatasi insomnia kita bisa mengonsumsi obat tidur atau obat-obatan lainnya yang bisa memacu untuk tidur, namun harus sesuai resep dokter.

(Mgg: Maria Adriana)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -