Selain Rendang, Berikut 5 Makanan yang Nikmat Dicicipi Jika Berkunjung ke Sumatera Barat

Selain Rendang Berikut 5 Makanan yang Nikmat Dicicipi Jika Berkunjung ke Sumatera Barat Sumber: wikipedia

Covesia.com - Makanan khas Sumatera Barat memang sudah sangat terkenal di daerah Indonesia, seperti rumah makan Padang yang kerap dijumpai di daerah selain Sumatera Barat.

Selain rendang yang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak peringkat satu makanan terbaik di dunia versi CNN, masih banyak makanan khas Sumatera Barat yang sayang untuk dilewatkan.

Jika berlibur di Sumatera Barat, berikut 5 makanan yang wajib untuk dicoba selain rendang, apa saja itu?, berikut Covesia.com rangkum.

1. Galamai

Galamai, salah satu kuliner yang cukup popoler di Sumatera Barat dan sangat sayang untuk dilewatkan jika berkunjung di Sumatera Barat. Sekilas makanan ini mirip dengan dodol.


Sumber: wiikipedia

Makanan ini biasanya dibuat oleh masyarakat Minangkabau atau Sumatera Barat untuk keperluan pesta pernikahan, turun mandi, batagak gala dan pesta adat lainnya serta hidangan di hari raya. Namun, hingga kini makanan ini telah tersedia di pusat-pusat oleh-oleh makanan.

2. Satai Padang


Sumber: wikipedia

Satai Padang merupakan makanan khas Sumatera Barat yang memakai daging sapi dengan kuah kuning kental. Bumbu satai Padang ini dibuat dengan rempah-rempah seperti cabai, serai, kunyit dan lainnya.

3. Keripik Sanjai


Sumber: indonesiakaya

Jika Anda suka yang keriuk-keriuk, maka makanan khas Sumatera Barat yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan. Keripik sanjai ini terbuat dari singkong yang diparut tipis-tipis. Rasa keripik sanjai ini bervariasi mulai dari rasa manis hingga pedas.

4. Pinyaram

Makanan khas ini terbuat dari adonan utama perpaduan tepung beras dan santan. Makanan ini kerap sekali disajikan pada acara pernikahan maupun pada acara buka puasa.


Sumber: cookpad

Untuk rasa maupun warna, pinyaram ini bervariasi. Contohnya saja di Kabupaten Limapuluh Kota pinyaram ini kerap dijumpai dengan dua warna, yakni hitam dan putih dengan rasa manis.

5. Dendeng Balado


Sumber: wikipedia

Dendeng balado ini kerap sekali dijumpai pada setiap rumah makan Sumatera Barat. Dendeng balado terbuat dari daging sapi yang diiris dengan tipis kemudian dimasak dengan bumbu khas Sumatera Barat dan lebih enak disantap dengan nasi. 

Baca Juga