Cara Buka Toko Online dari Nol untuk Pemula

Cara Buka Toko Online dari Nol untuk Pemula Ilustrasi, sumber : istimewa

Covesia.com - Cara buka toko online kini makin mudah dilakukan. Dengan modal yang tak terlalu besar dan bisa dilakukan di rumah, tak ada salahnya untuk mulai coba bisnis ini. Terlebih banyak masyarakat yang lebih memilih beli barang secara online karena kemudahan yang diberikan, maka target pasar pun jadi semakin banyak, keuntungan yang bisa Anda peroleh juga cukup menggiurkan.

Bagi Anda yang mulai tertarik untuk ikut terjun jualan online. Pastinya bertanya-tanya apa yang harus dilakukan sebelum mulai jualan online. Artikel ini akan membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk pemula yang ingin buka toko online dari nol.

1.    Cari Tahu Apa yang Akan Anda Jual

Hal pertama dan wajib dilakukan apabila Anda ingin buka toko online adalah mempelajari tentang produk yang dijual. Anda harus paham betul secara detail tentang produk tersebut. Hal ini bisa memudahkan Anda mengetahui kualitas produk serta harga jual yang pas.

Selain itu, Anda juga harus memahami selera pasar. Dengan mengikuti tren, toko online Anda akan tetap bisa bersaing. Namun, jangan lupakan karakteristik toko agar pembeli mudah mengingat toko Anda. Misalnya, saat ini banyak orang yang mencari botol minum, Anda bisa menyediakan produk tersebut dengan desain khas toko Anda.

2.    Riset Kompetitor

Bukan hanya penjual online saja, setiap pebisnis wajib untuk riset kompetitor. Cara yang mudah untuk melakukan hal ini adalah dengan mengetahui apa yang dijual kompetitor secara online. Anda bisa buka toko mereka di media sosial atau mencari di e-commerce seperti Blibli.

Anda bisa melihat toko-toko yang punya rating baik dengan jumlah penjualan tinggi. Tiru bagaimana mereka melakukan promosi, cara melayani pembeli, hingga bagaimana cara menulis deskripsi produk serta foto yang ditampilkan.

Tak hanya itu saja, Anda bisa cek toko-toko dengan rating rendah untuk mengetahui apa saja yang tidak diinginkan pembeli. Kekurangan yang dimiliki kompetitor tersebut bisa kamu manfaatkan agar toko online yang Anda rintis makin maksimal.

Riset kompetitor juga bisa dilakukan apabila Anda bingung menentukan harga produk. Dengan melihat berapa harga yang dipasang kompetitor, maka Anda tahu berapa harga normal dari barang tersebut. Apabila ingin produk jadi makin laku, Anda bisa pasang harga yang lebih murah dibandingkan kompetitor.

3.    Cari Supplier Terpercaya

Tips selanjutnya adalah Anda harus mendapatkan supplier terpercaya. Anda bisa bertanya pada kerabat atau datang ke pusat grosir. Bisa juga cari supplier dari luar negeri untuk mendapatkan produk terbaik dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan produk serupa di Indonesia. Selain itu, Anda juga bisa datang ke sentra pengrajin yang ada di daerah tempat tinggal.

Supplier menjadi salah satu penentu apakah toko online Anda akan bertahan lama atau tidak. Ketika Anda sedang membutuhkan barang dalam jumlah yang lebih banyak dan waktu cepat karena permintaan yang tinggi, pastikan supplier tersebut menyanggupinya. Jangan pilih supplier yang sulit dihubungi.

4.    Pikirkan Brand Bisnis Secara Matang

Banyak penjual online yang jualan secara asal-asalan dan bahkan tidak memikirkan dengan baik nama toko online. Hal ini membuat toko yang Anda bangun tidak akan berjalan dengan baik. Selain nama toko online, brand bisnis ini mencangkup logo, desain khas produk yang dijual, cara pengemasan, dan masih banyak lagi.

Buat brand yang simpel agar pembeli bisa menemukan toko online Anda dengan mudah. Beri sentuhan menonjol di brand tersebut agar mudah diingat.

5.    Pelajari Cara Promosi Secara Online

Promosi tidak melulu harus mengeluarkan uang, Anda bisa mulai dengan cara-cara promosi gratis, misalnya membuat konten yang menarik untuk diunggah di media sosial.

Ketika penghasilan dari toko online sudah cukup banyak, Anda bisa mulai sewa jasa influencer untuk menambah target pasar. Tak hanya itu saja, beberapa media sosial menawarkan ads atau iklan berbayar yang nantinya postingan yang Anda buat akan disebar ke pengguna media sosial tersebut.

Agar lebih paham mengenai cara promosi yang baik secara online, Anda bisa mengambil kelas online digital marketing atau melihat video-video yang dibagikan di YouTube.

Setelah Anda mempersiapkan lima hal di atas, sekarang bisa mulai untuk buka toko online. Sekarang, buka toko online tak lagi perlu harus punya situs web sendiri, Anda bisa bergabung dengan mudah di Blibli dengan melakukan pendaftaran di halaman seller Blibli. Proses pendaftaran di Blibli sangat mudah dan cepat.

Tak hanya memperhatikan pembeli, Blibli juga memikirkan kesejahteraan para seller Blibli. Selain itu, tak hanya perusahaan saja yang bisa daftar jadi seller Blibli, tetapi para penjual pribadi bisa bergabung. Bahkan, setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan onboarding yang akan mempermudah Anda ketika berjualan di Blibli.

Fasilitas lain yang dapat Anda peroleh ketika gabung jadi seller di Blibli, antara lain Blibli Seller Apps yang bisa diakses dengan mudah dengan fitur-fitur lengkapnya, foto produk gratis, promosi seller yang bisa meningkatkan penjualan produk Anda, gratis biaya pengiriman, hingga asuransi produk 100%.

Jadi, tunggu apalagi? Mulai bisnis online sekarang juga dengan menjadi seller di Blibli, sederet keuntungan sudah menanti Anda! 


Baca Juga