Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Kerap Mengurangi Rasa Percaya Diri

Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Kerap Mengurangi Rasa Percaya Diri Ilustrasi

Coveisa.com - Scar atau bekas luka merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh berbagai kalangan, baik itu wanita, pria, tua maupun muda. Contoh bekas luka yang sering mengganggu karena terlihat sangat jelas, ialah Acne scar (bekas jerawat/bopeng) akibat jerawat yang meradang. Bekas jerawat yang berupa bopeng ini sulit diatasi dengan krim, sehingga diperlukan perawatan khusus untuk mengembalikan kondisi kulit yang sehat seperti semula

Selain Acne scar, ada beberapa permasalahan scar yang sering kali ditemui dan sulit diatasi antara lain, bekas luka bakar, bekas luka pasca operasi, bekas cacar air dan spider vein (pecahnya pembuluh darah di wajah). Umumnya, scar ini disebabkan oleh proses penyembuhan luka yang tidak berjalan dengan baik, bisa jadi karena efek trauma ataupun proses peradangan yang hebat atau berkepanjangan sebelumnya.

Scar sangat berpengaruh pada tingkat kepercayaan diri seseorang. Banyak yang setuju bahwa scar sangat menganggu penampilan sehingga membuat penderita seketika kehilangan rasa percaya dirinya. Oleh karena itulah orang-orang yang mengalami scar berusaha melakukan segala upaya untuk menghilangkan scar dari kulit mereka. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan “Teknologi RF Cannula Subcision”.

“Pada dasarnya adalah suatu prosedur non bedah yang kerap dimanfaatkan oleh Dokter Spesialis Kulit untuk melakukan tindakan pembebasan jaringan yang terkait guna menghilangkan scar, terutama pada struktur kulit yang kasar, atau tidak rata,” jelas dr. Fenni Rinanda, M. Ked (DV) SpDV dari klinik Rinanda Skin Care Jakarta.

RF Cannula Subcision berfungsi untuk melepaskan jaringan ikat dengan menghantarkan panas yang disebabkan oleh Radio Frekuensi pada jaringan luka. Cannula akan menghantarkan RF sehingga terjadi produksi kolagen dengan melepaskan jaringan ikat kulit sehingga mengurangi scar.

Alat yang memiliki teknologi RF Cannula Subcision adalah INNO Plus+, dengan ST Indonesia. Alat ini, efektik untuk menghilangkan bekas luka, kerutan pada wajah, jerawat aktif, pori-pori besar hingga spider vein.
Agar mendapatkan hasil yang optimal, treatment INNO Plus+ dapat digabungkan dengan treatment laser CO2 dan Clapio-cell ( Skin booster yang mengandung 10% PDRN DNA salmon), lanjut dr. Fenni.

“Pasien cukup senang dengan hasil yang didapatkan setelah tindakan dengan menggunakan INNO Plus+, yang utama adalah karena hasilnya langsung terlihat setelah 1x tindakan,” ungkapnya.
Selain itu, waktu perawatannya cukup singkat, yaitu hanya 10 sampai 15 menit saja, rasa sakit yang ditimbulkan selama tindakan juga minim. Hebatnya lagi, tindakan ini juga tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya, sehingga perawatan satu ini menjadi andalan banyak orang.

Tindakan INNO Plus+ ini diawali dengan anestesi lokal tergantung kepada luasnya area tindakan dan toleransi dari pasien sendiri. Beliau menambahkan bahwa sebelum melakukan tindakan subsisi ini, pasien diwajibkan untuk melakukan konsultasi mendalam dengan dokter ahli, agar dapat diarahkan untuk memilih prosedur medis yang sesuai.
(Utari Septiana)

Baca Juga