Selain Nanas dan Pisang, Ini 5 Buah yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Selain Nanas dan Pisang Ini 5 Buah yang Efektif Menurunkan Berat Badan

Covesia.com - Buah adalah salah satu jenis makanan yang membantu untuk dijadikan sarana dalam menurunkan berat badan. Buah-buahan ini menjadi pilihan karena kandungan mineral dan vitamin dalam buah dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain nanas dan pisang, ada beberapa buah yang dipilih untuk di jadikan cemilan yang sehat dan bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Beberapa diantaranya adalah:

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah dengan kandungan lemak yang rendah, sehingga buah ini cocok di jadikan menu untuk menurunkan berat badan. Alpukat dapat meningkatkan efek kenyang yang lama dan mengurangi napsu makan.

Manfaat buah alpukat selain memberikan efek kenyang jangka panjang, alpukat juga dapat mengontrol kadar gula darah dan menjaga kesehatan jantung. Selain itu, lemak baik dalam alpukat menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL).

2. Beri

Buah selanjutnya yang menjadi rekomendasi adalah beri. Kandungan antioksidan dan polifenol dalam beri bagus untuk sistem pencernaan, dan  membantu menurunkan berat badan.

Buah beri dapat menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, dan peradangan, yang sangat bermanfaat bagi orang yang kelebihan berat badan.

Buah ini mengandung zat aktif yang memiliki efek anti inflamasi dan antioksidan yang melindungi tubuh dari reaksi inflamasi dan kerusakan sel akibat radikal bebas.

3. Melon
Melon merupakan buah yang rendah kalori dan punya kandungan air tinggi sehingga sangat cocok bagi yang sedang menjalani program menurunkan berat badan.

Walaupun rendah kalori, buah melon tinggi akan vitamin dan mineral di dalamnya. Melon juga bermanfaat untuk mencegah maag dan melancarkan saluran pencernaan karena mempunyai kandungan serat yang tinggi.

4. Apel
Apel sangat kауа dengan ѕеrаt. Sebuah ареl dengan berat 100 gram mengandung ѕеkіtаr 4 gram serat, уаng mеruраkаn 17% dаrі Nіlаі Hаrіаn (DV).

Di dalam apel juga terkandung sekitar 86% air, kandungan air yang sangat banyak membuat apel menjadi rendah kalori. Kаndungаn ѕеrаtnуа уаng tіnggі dаn rеndаhnуа kalori apel menjadikannya buah yang cocok untuk реnurunаn bеrаt bаdаn.

Kandungan lain, seperti fitonutrien dan antioksidan dalam apel dapat membantu mengurangi risiko kanker, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

5. Kiwi

Kiwi merupakan buah dengan sumber vitamin C untuk meningkatkan imun tubuh, vitamin E yang mampu melindungi sel-sel kulit dari zat-zat berbahaya radikal bebas dan sinar matahari, dan folat yang sangat baik untuk kesehatan.

Tidak hanya itu, buah kiwi memiliki kandungan yang bisa membantu mengontrol gula darah, kalium untuk menurunkan kolesterol tinggi, dan serat yang tinggi membantu proses penurunan berat badan.

(Adesty Rolan Safitri)

Baca Juga