5 Tips yang Dapat Dilakukan Agar Harimu Bermanfaat

5 Tips yang Dapat Dilakukan Agar Harimu Bermanfaat Ilustrasi
Covesia.com - Melakukan kegiatan yang bermanfaat dan menenangkan sangat sulit untuk dilakukan oleh sebagian besar orang. Seseorang perlu mengatur waktu agar dapat memaksimalkan waktu untuk bekerja maupun sekolah dan kuliah.

Dengan mengubah kebiasaan-kebiasaan yang kurang baik dapat meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik lagi kedepannya.

Berikut ini adalah 5 tips yang dapat dilakukan agar harimu lebih bermanfaat yang dikutip dari detik.com.

1. Tentukan kegiatan prioritas 
Tips yang pertama adalah kalian perlu menentukan kegiatan yang lebih prioritas dan lebih mendesak. Hal itu akan membantu kalian  menyelesaikan kegiatan tepat waktu dengan manajemen kegiatan yang lebih terstruktur. Dengan demikian seseorang akan terbiasa melakukan kegiatan secara berurutan dan tidak memaksakan diri untuk  menyelesaikan semua kegiatan pada hari yang sama.

2. Membuat Jadwal Kegiatan
Padatnya kegiatan yang harus dilakukan sering membuat seseorang lupa untuk melakukan beberapa kegiatan yang lain. Untuk itu perlu membuat jadwal kegiatan sebagai pengingat dan meminimalisir seseorang lupa untuk melakukan kegiatan yang harus dilakukan pada hari yang sama. Hal itu juga berguna untuk mengatur waktu agar tidak bentrok dengan kegiatan yang lain.

3. Meluangkan waktu untuk beristirahat
Istirahat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Untuk itu seseorang perlu meluangkan waktu untuk beristirahat sejenak dari rutinitas yang ada dengan melakukan hal yang dapat membuat seseorang merasa senang dan bahagia. Contohnya dengan mengunjungi tempat wisata dan taman rekreasi.

4. Lakukan hobi yang dapat mengasah keterampilan 
Dengan melakukan kegiatan yang disukai, seseorang dapat mengasah keterampilan dan kemampuan untuk melakukan kegiatan lebih baik lagi dengan terus berlatih serta melakukan kegiatan dengan konsisten. Melakukan kegiatan yang kita sukai juga bermanfaat untuk mengurangi strees dan  menghilangkan rasa bosan.

5. Mengisi Waktu Luang dengan kegiatan yang bermanfaat
Seseorang dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan seperti membaca buku atau mulai mengerjakan tugas secara bertahap. Hal itu akan membuat harimu jauh lebih bermanfaat.
(Yuli Suriani)

Baca Juga