BerandaLifestyle9 Tips Memutihkan Gigi yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

9 Tips Memutihkan Gigi yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

- Advertisement -

Covesia.com – Banyak orang kurang percaya diri ketika tersenyum gigi atau tertawa. Alasan sebagian orang dikarenakan mereka memiliki gigi yang berwarna kuning. Banyak yang ingin memiliki gigi berwarna putih tetapi ia tidak tahu bagaimana memutihkan giginya.

Ada banyak tips untuk memutihkan gigi yang bisa anda lakukan di rumah. Warna gigi berubah dapat disebabkan oleh mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.

Contohnya, pada kopi dan teh. Minuman tersebut bisa menyebabkan email gigi ternodai. Sehingga terjadi erosi dilapisan luar gigi yang membuat dentin terlihat. Diketahui,warna asli dentin adalah kuning.

Berikut 9 Tips memutihkan gigi yang bisa anda lakukan di rumah, dikutip dari detik.com :

  1. Mengurangi minum minuman berwarna
    Sering mengonsumsi minuman berwarna dapat menyebabkan gigi menguning. Oleh karena itu, kurangi mengonsumsi minuman berwarna setiap hari.
    Jika sedang meminumnya, akali dengan sedotan agar minuman tersebut tidak langsung mengenai gigi. Setelahnya, siapkan air putih untuk berkumur. Hindari langsung menyikat gigi karena dapat merusak email gigi.
  2. Berhenti merokok
    Merokok dapat menyebabkan gigi kuning. Perubahan warna gigi akibat merokok sangat sulit dihilangkan. Cara terbaiknya adalah dengan berhenti merokok.
  3. Membersihkan gigi secara berkala
    Gigi harus rutin dibersihkan untuk menghilangkan noda atau sisa makanan yang menyangkut di gigi. Cara membersihkannya ialah menyikat gigi dua kali sehari dan flossing minimal sehari sekali.
  4. Menggunakan pasta gigi pemutih
    Pasta gigi yang digunakan dalam menyikat gigi juga harus diperhatikan. Untuk memutihkan gigi pilih jenis pasta yang mengandung bahan untuk memutihkan gigi atau menghilangkan noda,seperti bahan abrasif ringan. Sayangnya, jenis pasta gigi pemutih dapat mengurangi email gigi.
  5. Konsumsi makanan pemutih gigi
    Banyak makanan yang memiliki manfaat untuk membersihkan gigi seperti apel,wortel,dan seledri. Selain itu, produk susu juga baik untuk gigi karena dapat melawan asam di area mulut dan email gigi menjadi kuat.
  6. Memakai obat kumur
    Fungsi obat kumur tidak hanya membuat napas segar, tetapi diyakini juga dapat mengurangi bakteri yang menumpuk di area mulut dan mempercantik warna gigi. Pilihlah obat kumur yang mengandung hidrogen peroksida dan kumur-kumur selama 60 detik lalu buang.
  7. Menyikat lidah
    Menyikat lidah juga penting untuk menjaga kebersihan mulut. Sebab, bakteri menempel di area lidah yang menyebabkan tumbuhnya plak di gigi. Dengan menyikat lidah, pertumbuhan plak gigi dan bau mulut dapat berkurang.
  8. Menggunakan baking soda
    Soda kue adalah bahan abrasif ringan yang mampu menghilangkan noda dipermukaan. Untuk itu, baking soda dapat digunakan untuk menyikat gigi agar terlihat lebih putih. Semakin tinggi konsentrasi soda kue, maka akan semakin efektif membersihkan noda pada gigi.
  9. Kurangi konsumsi gula
    Mengonsumsi gula dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri pada gigi yang juga mendorong terbentuknya plak. Disarankan untuk menyikat gigi setelah konsumsi makanan dan minuman manis.

(mmg: fadilla)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -