Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok

Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Rambut Rontok Ilustrasi

Covesia.com - Rambut adalah mahkota yang penting. Untuk itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, ada masalah rambut lainnya seperti rambut rontok. Beberapa orang sering mengeluhkan kondisi ini karena bisa menyebabkan kerontokan rambut jika tidak dirawat.

Salah satu cara mengatasi kerontokan rambut adalah dengan mengonsumsi multivitamin. Namun, metode ini hanyalah salah satu dari banyak kemungkinan perawatan rambut rontok.

Ada banyak hal dan cara untuk mengatasi kerontokan rambut yang berlebihan. Paling tidak, hal ini dapat dilakukan untuk mengurangi atau mungkin mencegah kerontokan rambut.

Penyebab rambut rontok, yaitu:

1. Rambut bisa rontok jika terlalu kuat disisir, keramas terlalu sering, dan ditambah dengan kondisioner yang ekstra kuat.

2. Mengonsumsi gula yang berlebih juga bisa menyebabkan rambut rontok, pada laki-laki maupun perempuan.

3. Rambut rontok juga bisa terjadi karena adanya reaksi dari obat-obatan yang dikonsumsi. Ini bisa terjadi karena ada obat yang membuat alergi atau ada zat yang malah merusak keratin rambut.

4. Banyak menggunakan bahan kimia bahkan panas akibat blow hair dryer dan catokan yang dilakukan secara rutin, bisa membuat rambut rentan patah.

5. Mengkonsumsi makanan instan atau junk food.

6. Faktor yang memdominasi terjadinya kerontokan rambut, khususnya pada kaum laki-laki, adalah faktor genetik atau keturunan.

7. Kondisi pikiran yang stres dan dipenuhi rasa cemas. Stres disebut dapat menyebabkan rambut rontok yang tidak normal.

8. Semakin tua umur seseorang, maka kekuatan rambut juga akan semakin menurun.

Dalam dunia medis kondisi ini disebut sebagai senescent alopecia. Seperti kulit yang akan terpengaruh usia, rambut juga semakin menipis, rapuh, dan lebih banyak rontok seiring berjalannya waktu. 

Untuk mengatasi rambut rontok dapat dilakukan beberapa cara, diantaranya:

1. Makan makanan yang bernutrisi

Kurangnya nutrisi penting dan konsumsi makanan tidak sehat seperti gula, alkohol, minyak olahan, pengawet dll juga menyebabkan kerontokan rambut.

Sebaliknya, tingkatkan asupan makanan yang kaya akan zat besi, selenium, seng, vitamin D, dan vitamin B12. Selain itu, antioksidan seperti stroberi, bluberry, kenari, biji-bijian, bayam, serta kangkung juga penting.

2. Hindari penggunaan produk kimia

Cara lain yang sederhana dan efektif untuk mengatasi rambut rontok adalah menghindari produk perawatan rambut dengan bahan kimia yang harus di lindungi.

Menggunakan bahan kimia untuk merawat rambut dengan cepat merusak rambut. Bahan kimia ini ditemukan dalam pewarna rambut dan pemutih.

Contoh bahan alami yang dapat digunakan untuk mengurangi rambut rontoh, yakni:

1. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal karena khasiatnya yang menutrisi rambut. Tapi bukan itu saja, vitamin A, D, bersama dengan zat besi dan protein melawan kerontokan rambut, lho. Kandungan lidah buaya mencegah kerontokan rambut karena melindungi kulit kepala dari berbagai penyakit.

Cara pemakaiannya sangat sederhana, oleskan gel lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala, lalu diamkan selama lima belas menit lalu bilas dengan air hangat hingga bersih. Ulangi perawatan ini secara rutin setiap hari untuk mencegah rambut rontok.

2. Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung vitamin A, C, D, E dan K bersama dengan zat besi dan kalsium, yang mengurangi kerontokan rambut. Caranya bisa mengoleskan minyak zaitun langsung ke rambut dan kulit kepala, bilas dengan lembut lalu biarkan selama setengah jam. Setelah itu, keramas seperti biasa. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

3. Teh hijau

Selain baik untuk kesehatan tubuh, teh hijau ternyata juga menyimpan manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Teh hijau dikenal sebagai bahan yang sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut yang rontok.

Cara menggunakannya adalah dengan merendam dua kantung teh hijau kedalam air panas, tunggu hingga dingin, dan bilas rambut dengan larutan ini serta pijat kulit kepala dengan lembut.

4. Masker santan

Kandungan santan terdiri dari lemak esensial, protein, dan mineral seperti potasium yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan juga mengontrol kerontokan rambut. 

Cara menggunakan masker santan untuk rambut: parut dan peras santan, oleskan santan pada kulit kepala secara perlahan, lalu tutup kulit kepala dengan handuk dan biarkan selama 20 menit, kemudian lepaskan handuk dan bilas rambut dengan air .

(Adesty Rolan Safitri)

Baca Juga