5 Manfaat sarapan Pagi untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

5 Manfaat sarapan Pagi untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran Ilustrasi

Covesia.com - Banyak manfaat yang didapat seseorang dengan sarapan pagi. Sarapan pagi merupakan sumber energi pertama  yang diterima tubuh untuk memulai hari dengan berbagai aktivitas yang dapat menguras tenaga dan pikiran.

Sarapan pagi menjadi bahan energi yang membuat kondisi otak segar setelah bangun tidur sehingga menjadikan mood bagus. Sebaliknya jika berada dalam kondisi lapar menjadikan otak lelah dan memengaruhi mood saat belajar atau beraktivitas. Selain itu, sarapan juga dapat mencegah penyakit maag.

Melewatkan sarapan berarti membiarkan tubuh tanpa asupan dan energi yang membuat  tubuh dan otak lelah  sehingga tidak dapat bekerja secara maksimal dan cenderung tidak fokus dan kurang konsentrasi. Oleh karena itu, sarapan penting dan tidak boleh terlewatkan terutama untuk pelajar, mahasiswa dan karyawan yang membutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi seharian.

Berikut ini 5 manfaat sarapan pagi setiap hari untuk kesehatan tubuh dan pikiran yang dilansir dari detik.com.

1. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Banyak penelitian membuktikan partisipan yang sarapan merasa lebih mudah untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Ketika seseorang melewatkan sarapan , ia akan merasa lapar sehingga ia memiliki keinginan untuk mengkonsumsi cemilan dan makan lebih banyak saat makan siang yang menambahkan lebih banyak kalori. Dengan begitu sarapan juga membantu meningkatkan kebiasaan makan sehat dalam menjaga berat badan yang ideal.

2. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Ketika tidur, tubuh tidak menerima asupan makanan dalam waktu lama. Karenanya melewatkan sarapan membuat tubuh menggunakan cadangan energi ekstra. Ini menyebabkan tubuh dan otak bekerja lebih keras dan menciptakan hormon stres serta membuat tubuh merasa lelah dan lesu.

Dengan sarapan, tubuh akan menerima bahan bakar yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas secara optimal. Konsumsi makanan bergizi seimbang membantu proses pengisian bahan bakar dan memberi kekuatan yang dibutuhkan tubuh dan otak untuk fokus dan konsentrasi.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh 

Selama tidur, metabolisme tubuh akan melambat. Karenanya ketika kita bangun, tubuh perlu makanan untuk kembali memulai proses metabolisme.

Sarapan bergizi seimbang adalah 

cara terbaik untuk meningkatkan proses metabolisme dan kunci untuk tetap bersemangat dan tetap sehat sepanjang hari. 

4. Meningkatkan Kebersamaan Keluarga

Menghabiskan waktu untuk sarapan disela-sela kesibukan sehari-hari bersama keluarga memberi kesempatan untuk berbicara dan tertawa bersama untuk memulai hari. 

Selain itu sarapan bersama keluarga juga membantu menciptakan hari yang lebih positif dan bahagia. Obrolan saat sarapan bisa membantu memberi semangat dalam memulai hari.

5. Mengurangi Kegelisahan

Sel-sel otak yang kelaparan menyebabkan perasaan gelisah di pagi hari. Guna mencegahnya, coba sarapan dengan menu karbohidrat kompleks.

Sarapan membantu menyediakan nutrisi untuk otak. Ketika otak memiliki nutrisi yang cukup maka otak akan lebih nyaman untuk berpikir sepanjang hari.

Yuli Suriani


Baca Juga