Simak Cara Mudah Pasang Set Top Box ke TV Tabung

Simak Cara Mudah Pasang Set Top Box ke TV Tabung Ilustrasi, sumber : istimewa

Covesia.com - Pada tanggal 2 November 2022, pemerintah melalui Kementerian Kominfo telah merampungkan ASO atau Analog Switch Off. ASO merupakan program migrasi dari siaran TV tabung ke siaran TV digital. Karena hal ini, kita tidak dapat lagi menonton siaran televisi melalui TV tabung.

Sebagai gantinya, kamu bisa membeli TV digital. Namun, tidak semua orang dapat membeli TV digital.  Nah, agar tetap dapat menikmati siaran TV digital, kamu bisa membeli sebuah perangkat bernama Set Top Box (STB) melalui PayLater Shopee. 

Hal-hal yang Harus Diketahui Tentang Set Top Box

1. Apa Itu Set Top Box?

STB merupakan perangkat yang dapat mengubah sinyal digital menjadi gambar dan audio, sehingga dapat disiarkan melalui TV tabung. Namun, STB tetap membutuhkan antena untuk menangkap sinyal, karena STB hanya bekerja untuk mengubah sinyal saja. 

Agar TV tabung kamu dapat menyiarkan siaran digital, kamu harus memasangkan STB ke TV tabung terlebih dahulu. Cara memasangnya pun mudah, sama seperti memasang STB pada tipe TV lainnya. Berikut ini tahapan-tahapan dalam memasang set top box.

2. Cara Memasang Set Top Box ke TV Tabung

  • Saat membeli STB, pastikan memilih STB berjenis DVB-T2. Jenis STB ini dapat mendukung sambungan antena.
  • Pastikan TV tabung dalam keadaan power off.
  • Pindahkan kabel dari TV ke STB, sambungkan ke port bertuliskan ANT IN.
  • Sambungkan kabel berwarna merah, kuning, dan putih dari STB  ke port TV sesuai warnanya.
  • Nyalakan TV dan STB.
  • Masukkan kode pos rumah kamu di menu STB.
  • Pilih menu tampilan AV.
  • Pilih opsi pencarian saluran dan tunggu hingga saluran siaran digital muncul.
  • Kamu bisa memilih opsi simpan.
  • TV tabung sudah bisa menangkap siaran digital.

Memasang STB pada TV tabung lebih mudah dibandingkan dengan jenis TV lain, karena tidak membutuhkan sambungan kabel HDMI.

Siaran TV digital memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh siaran TV tabung. Berikut ini beberapa kelebihan siaran TV digital:

3. Kelebihan Penggunaan Siaran TV Digital

  • Kualitas siaran yang dihasilkan jauh lebih baik, mulai dari gambar dengan resolusi tinggi hingga suara yang lebih jernih.
  • Berbeda dengan siaran TV tabung, kualitas siaran TV digital tidak akan terganggu meskipun cuaca sedang buruk seperti turun hujan deras. Dengan begitu, kamu tidak akan mendapatkan gambar buruk seperti ‘semut’.
  • Kualitas siaran tidak akan terganggu walaupun TV sedang digerakkan atau dipindahkan.
  • Karena menggunakan bandwith yang lebih kecil jika dibandingkan dengan TV tabung, kamu dapat menikmati lebih banyak tayangan karena siaran digital dapat menampung saluran lebih banyak.
  • Cara untuk mengetahui kualitas jaringan digital di lokasi kamu pun sangat mudah. Kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Sinyal TV Digital. Aplikasi ini tersedia baik di Google PlayStore ataupun AppStore.

Setelah selesai diunduh, kamu bisa langsung membuka aplikasi dan atur lokasi kamu di aplikasi. Jika sudah, aplikasi akan menunjukkan kualitas sinyal digital yang ada di lokasi kamu.

Beli Set Top Box TV Tabung Hanya di Shopee

Set top box tidak hanya bisa digunakan pada TV tabung, namun juga bisa digunakan pada semua jenis TV analog. Cara memasangnya pun mirip, hanya saja TV tabung tidak membutuhkan kabel HDMI. 

Ada banyak set top box TV tabung di Shopee yang dapat kamu pertimbangkan. Harga set top box TV tabung pun beragam, mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 290 ribu. Beli set top box TV tabung di Shopee bisa semakin mudah, karena tersedia banyak metode pembayaran, termasuk menggunakan SPayLater atau Shopee PayLater. 

Shopee PayLater merupakan metode pembayaran yang memungkinkan kamu untuk membeli barang sekarang, dan membayarnya kemudian hari. Selain mudah dan cepat, SPayLater  juga bisa memberi keuntungan berupa cashback sampai dengan 1 juta dan pembayarannya bisa dicicil hingga 12 bulan. Selain itu, cara daftarnya mudah, cepat, dan verifikasi instan.

Jadi, tunggu apalagi? Beli STB untuk TV analog sekarang hanya di Shopee!


Baca Juga