Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih, Kapan Saja?

Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih Kapan Saja Ilustrasi

Covesia.comMencukupi kebutuhn harian air putih penting untuk kesehatan. Air putih berguna untuk memastikan organ tubuh dapat berfungsi secara maksimal. 


Perhitungan yang dianjurkan ahli gizi adalah 40 cc per kilogram berat badan. Jika berat badan 50 kg, maka kebutuhan airnya sekitar 2.000 cc atau 2 liter.

Ketika tubuh kekurangan air putih, maka akan mengalami dehidrasi yang berdampak buruk pada tubuh. Air putih tidak hanya sebagai penghilang rasa haus, tetapi ada waktu-waktu terbaik yang berguna untuk kesehatan tubuh kita, inilah beberapa waktu yang tepat untuk minum air putih.

1. Pada saat bangun tidur

Selama tidur, tubuh tidak mendapat asupan cairan selama 7-8 jam. Maka saat bangun tidur, sering merasa haus, menandakan bahwa tubuh mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu, tubuh perlu dihidrasi dengan meminum satu hingga dua gelas air putih. Selain itu, minum air putih di pagi hari meningkatkan metabolisme dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

2. Sebelum makan pada saat pagi, siang, dan malam

Waktu yang tepat meminum air putih yaitu 30 menit sebelum makan. Saat kita kebanyakan meminum air putih dapat mengganggu proses pelarutan makanan dan lainnya yang di perlukan tubuh.

Selain itu, kebiasaan minum air putih sebelum makan dapat mengurangi asupan makanan yang masuk lebih banyak karena meminum air putih membuat rasa kenyang. Sehingga hal tersebut juga bagus bagi yang sedang mengurangi porsi makan.

3. Ketika merasa lelah

Ketika tubuh lelah, kita dapat meminum air putih. Sekitar 60% tubuh manusia terdiri dari air, berarti sebagian besar fungsi tubuh bergantung pada air, termasuk komponen vital seperti otak dan organ vital lainnya. Kekurangan air dapat menyebabkan sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan sebagainya.

4. Ketika berolahraga

Saat kita berolahraga, tubuh mengeluarkan keringat yang artinya tubuh kehilangan cairan. Minumlah air putih dalam jumlah yang dianjurkan untuk mencegah dehidrasi dan juga meningkatkan kekuatan otot tubuh.

5. Pada saat siang, sore dan sebelum tidur

Ketika siang atau pun sore hari, usahakan juga banyak meminum air putih. Cobalah minum air putih untuk mengatasi kelelahan dan kekurangan energi siang dan malam. Ini bisa jadi karena dehidrasi. Pakar kesehatan percaya bahwa air minum dapat membantu menenangkan suasana hati dan menjaga tingkat energi.

Minum air putih di malam hari sebelum tidur dapat membantu mengembalikan cairan yang hilang akibat kelelahan saat beraktivitas seharian. Selain itu, minum air putih yang cukup akan membantu tidur dengan nyenyak.
Adesty Rolan Safitri

Baca Juga