BerandaLifestylePerbedaan Shared Hosting Dengan VPS

Perbedaan Shared Hosting Dengan VPS

- Advertisement -

Covesia.com – Perbedaan Shared hosting dengan VPS, mengetahui jenis hosting web merupakan suatu keharusan dan kewajiban yang harus anda lakukan ketika ingin menjalankan suatu website, karena hal tersebut akan membantu Anda untuk memilih mana hosting yang tepat untuk website anda.

Jika Anda memilih hosting yang tepat sesuai dengan kebutuhan website Anda, website akan berjalan lebih maksimal. Namun masih banyak yang tidak mengetahui jenis hosting untuk web miliknya dan secara acak memilih hosting tanpa ada riset atau analisa kebutuhan website yang dimiliki.

Untuk itu pada artikel kali ini akan mengulas perbedaan Shared Hosting dengan VPS Hosting.

Secara singkat, Shared Hosting merupakan sebuah layanan hosting di mana account hosting ditaruh bersama-sama dalam beberapa account hosting lain dalam satu server fisik yang sama dan memakai services bersama-sama.

Sedangkan VPS Hosting merupakan layanan yang menyewakan server virtual dimana Anda memiliki kebebasan menentukan sistem operasi (OS) dan platform yang ingin digunakan.

Dengan menggunakan layanan VPS, Anda seolah-olah seperti mempunyai server sendiri, cara kerjanya dibagi-bagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan resources dan sumber dayanya sendiri, sehingga setiap bagian dapat menjalankan sistem operasinya sendiri.

Perbedaan Shared Hosting dengan VPS Hosting

Meskipun shared hosting merupakan pilihan paling murah dan mudah, tapi VPS Hosting juga dapat menawarkan nilai harga terbaik yang lebih murah. Syaratnya dengan mengetahui jenis hosting yang Anda butuhkan.

Sebagian besar situs web pemula dan pribadi akan lebih memilih shared hosting. Tetapi jika Anda membuat toko online atau situs bisnis, maka Anda ingin meningkatkan hosting Anda ke VPS yang lebih skalabel dan personal.

VPS Hosting (Virtual Private Server) :

  • Jenis hosting yang sedikit lebih mahal daripada shared hosting
  • Disiapkan untuk website dinamis yang bertumbuh
  • Performa yang pas untuk situs web dinamis dengan trafik tinggi
  • Membutuhkan pengetahuan teknis dasar
  • Risiko keamanan rendah
  • Alokasi Sumber Daya

Shared Hosting :

  • Jenis hosting pilihan paling murah dan mudah
  • Disiapkan untuk website pemula
  • Performa yang pas untuk situs web statis dengan trafik rendah
  • Berbagi Sumber Daya
  • Risiko keamanan lebih tinggi
  • Karena Situs tempat Anda berbagi server akan memengaruhi kinerja website

Pada shared hosting, Anda berbagi sumber daya dengan situs lain di server Anda. Jika satu situs web menggunakan terlalu banyak bandwidth, semua situs lainnya akan terkena dampaknya menyebabkan situs lelet atau tidak dapat diakses.

Berbeda dengan VPS yang tidak terlalu terbatas. Karena Anda memegang sebagian besar perangkat keras server, Anda memiliki lebih banyak sumber daya dan dapat membaagi dan mengalokasikannya.

Anda juga akan mendapatkan akses root di lingkungan server, yang pada dasarnya berarti Anda dapat menginstal perangkat lunak tambahan dan mengedit file apa pun di server.

Jadi Anda dapat menggunakan resource VPS lebih banyak daripada dengan shared hosting.

Untuk keamanan, Shared hosting relilatif memiliki keamanan yang cukup aman. Namun tidak ada jaminan , karena ini terkait dengan situs lain yang berada di server yang sama dengan Anda.

Jika satu situs tersebut membuat kesalahan dan memiliki celah keamanan, setiap situs yang menggunakan server itu menjadi rentan.

Berbeda dengan VPS. karena masing-masing pengguna memiliki server VPS nya sendiri, yang berarti setiap pengguna memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.

Anda juga memiliki hak lebih banyak atas perlindungan Anda sendiri. Jadi bisa dibilang VPS jauh lebih aman dibandingkan dengan shared hosting

Untuk Harga, harga shared hosting tentu lebih murah dibandingkan dengan VPS. Namun semua kembali lagi tergantung kebutuhan website Anda.

Jika Anda berniat membuat website yang trafik nya tidak terlalu banyak dengan biaya rendah, shared hosting jauh lebih hemat untuk Anda, maka itu yang terbaik buat anda.

Namun jika website Anda memiliki trafik tinggi dan semakin lama semakin bertambah, menggunakan shared hosting bukan lah pilihan yang tepat karena sangat merugikan untuk website anda, website berpotensi kehilangan banyak kunjungan trafik. Oleh karena itu perlu untuk mengetahui apa kebutuhan Anda agar dapat disesuaikan.

Jika shared hosting memang yang anda butuhkan, Anda bisa mebelinya di web hosting DomaiNesia. Demikian pula, jika Anda memerlukan VPS

Meskipun shared hosting adalah yang terbaik dari segi harga, VPS merupakan rekomendasi untuk situs yang lebih besar dan bisnis kecil yang sedang tumbuh.

VPS memang lebih mahal dibanding shared hosting, namun sebagai imbalannya Anda mendapatkan lebih banyak sumber daya, serta keamanan yang lebih besar dan peningkatan kinerja. kedua hosting ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -