Kualitas Tidur Anda Buruk? Cara Ini Terbukti Ampuh Mengatasinya

Kualitas Tidur Anda Buruk Cara Ini Terbukti Ampuh Mengatasinya Ilustrasi

Covesia.com Untuk menjaga kesehatan, seseorang perlu menjaga kualitas tidurnya dengan baik. Tidur yang tidak berkualitas secara terus-menerus akan berdampak buruk bagi kesehatan dan dapat memicu rasa malas dalam beraktifitas terutama di pagi hari. Kualitas tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang, kualitas tidur yang buruk dapat memicu stress, gangguan kecemasan dan lain sebagainya. 


Dilansir dari Healthy and Natural World, 5 cara dibawah ini mungkin bisa kamu coba untuk membantu anda untuk tidur lebih nyenyak dan menjadikan waktu tidur anda lebih berkualitas.

1. Memakai selimut tebal 

Selimut tebal dapat membantu anda tidur lebih nyenyak, karena selimut tebal dapat memberi tekanan lembut pada tubuh yang membuatnya terasa seperti sebuah pelukan yang menenangkan. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa sensasi pelukan memiliki efek positif pada pikiran, membantu mengatasi gangguan kecemasan dan membantu kesehatan mental.
Pelukan juga dipercaya dapat membantu melepaskan hormon oksitosin. Pelepasan hormon oksitosin dikaitkan dengan tekanan darah rendah, detak jantung yang lebih rendah, dan perasaan yang lebih baik secara emosional.

2. Menghirup minyak esensial lavender

Berdasarkan penelitian, minyak lavender memiliki efek karminatif pada sistem saraf. Oleh karena itu, menghirup aroma lavender dapat membantu menurunkan ketegangan, meredakan banyak gejala depresi, dan memperbaiki suasana hati. Dengan begitu, minyak lavender esensial dapat membantu anda tidur lebih nyeyak.

3. Mengomsumsi makanan yang meningkatkan serotonin

Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk dikomsumsi sebelum tidur, seperti pisang dan oatmeal yang dapat meningkatkan triptodan yang merangsang produksi serotonin (neurotransmitter yang menenangkan) di otak. Dikatakan baik dikomsumsi sebelum tidur, karena jenis makanan ini dapat membuat rileks pikiran sehingga dapat menghasilkan kulitas tidur yang baik. 
Selain pisang dan oatmeal, buah kiwi juga dapat meningkatkan serotonin yang membantu anda tidur lebih awal dan mempertahankan kualitass tidur yang baik.

4. Meminum segelas susu hangat sebelum tidur

Beberapa penelitian membuktikan bahwa susu mengandung triptofan yang dapat membantu membantu meningkatkan kadar serotonin. Jika kadar serotonin meningkat, maka kadar melatonin yang merupakan hormon tidur juga akan meningkat. Jadi, minum susu hangat sebelum tidur dapat membantu anda tidur lebih awal dan tidur lebih nyenyak. 

5. Melakukan latihan pernapasan 4-7-8

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan teknik pernapasan khusus. Anda perlu melakukan metode menghirup dan menghembuskan napas untuk merilekskan tubuh. Selain itu, metode ini juga dapat memperlambat detak jantung dan membantu anda merasa lebih tenang sebelum tidur. 
Cara melakukan metode pernapasan ini yaitu : 1) membiarkan mulut terbuka, lalu buat suara mendesing dan hembuskan semuanya melalui mulut, 2) tutup mulut, kemudian tarik napas dalam-dalam melalui rongga hidung saat menghitung 4 di kepala, 3) tahan napas selama 7 detik, 4) selanjutnya, buat napas berdesis dari mulut selama 8 detik.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan jika kualitas tidur anda buruk. Ingat! kualitas tidur yang buruk akan berdampak buruk pada kesehatan. Tidak tidur dengan nyenyak juga akan membuat anda bangun dengan kondisi lemas dan tidak segar, hal ini akan memicu kemalasan dalam beraktifitas.

Utari Septiana

Baca Juga