- Advertisement -
BerandaLifestyleJangan Biasakan Matikan Alarm dan Tidur Lagi, Ini 5 Dampak Buruknya

Jangan Biasakan Matikan Alarm dan Tidur Lagi, Ini 5 Dampak Buruknya

- Advertisement -

Covesia.com – Kebanyakan orang menggunakan alarm untuk membantu bangun tidur di pagi hari. Namun tidak semuanya langsung bangun karena alarm tersebut. Ada sebagian orang lebih memilih mematikan atau menunda alarm lalu melanjutkan tidur.

Hal ini mungkin dianggap sepele dan tidak berdampak buruk apapun. Namun Faktanya tanpa disadari, kebiasaan ini bisa berefek buruk bagi kesehatan tubuh dan kulit.

Kebiasaan ini perlu diubah jika tidak ingin Mengalami masalah terhadap kesehatan tubuh.

Dikutip dari suara.com, Kamis (16/9/21), lima dampak buruk akibat kebiasaan matikan alarm dan tidur kembali, yakni:

  1. Siklus Tidur Berantakan
    Sekitar 2 jam sebelum bangun tidur, tubuh sudah mempersiapkan diri untuk memulai hari, tentunya suhu badan akan naik dan melepaskan bahan kimia yang membuat kita terjaga. Jadi ketika bangun setelah mendengar alarm pertama, tubuh sudah siap untuk proses bangun tidur. Apabila memilih mematikan alarm dan tidur lagi, kemungkinan besar kita akan merasa mengantuk dan grogi.
  2. Lelah sepanjang hari
    Banyak orang yang berpikir bahwa menunda alarm pertama dan kembali tidur akan mendapatkan waktu tidur yang lebih dan akan berenergi sepanjang hari. Namun kenyataannya ini justru membuat seseorang merasa lelah di siang hari.

Meskipun kebiasaan ini tidak mempengaruhi secara serius, tapi jika dilakukan terus-menerus akan menyebabkan kurang tidur dalam jangka panjang.

  1. Memperburuk kesehatan usus
    Menunda bangun tidur dengan mematikan alarm bisa membingungkan jam internal tubuh dan mempengaruhi kualitas tidur. Akibatnya mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan yang menyebabkan gangguan metabolisme dan berat badan bertambah.
  2. Kulit lebih sensitif
    Kebiasaan ini ternyata juga menyebabkan masalah pada kulit, terutama pada kulit wajah. Ketika tidak cukup tidur, kadar hormon stres akan meningkat dan menyebabkan peradangan, produksi sebum berlebih serta pori-pori tersumbat.
  3. Sistem kekebalan terpengaruh
    Mematikan alarm dan kembali tidur akan memberikan efek negatif pada sistem kekebalan tubuh manusia. Jika pernah merasa sering sakit daripada biasanya, ini salah satu akibat dari kurang tidur yang terus-menerus yang melemahkan mekanisme pertahanan tubuh dan sistem kekebalan yang tidak bisa melindungi diri dari virus.

(mgg: maria adriana)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -