8 Tips Makeup Paling Efektif Untuk Kulit Berminyak

8 Tips Makeup Paling Efektif Untuk Kulit Berminyak Ilustrasi Kulit Berminyak

Covesia.com - Saat menggunakan makeup, kulit berminyak kerap kali membuat riasan yang telah dibuat lebih mudah luntur. Apalagi, jerawat pun lebih mudah timbul bagi para pemilik kulit berminyak jika sering menggunakan makeup. Karena itu, perlu metode tepat buat mengaplikasikan makeup di kulit berminyak. 

Salah satu hal paling mendasar yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan makeup primer untuk kulit berminyak. Adapun, agar tidak perlu menyisihkan keperluan lain untuk membeli makeup primer, kamu bisa pinjam duit lewat SPinjam di Shopee. 

Pasalnya, SPinjam adalah produk pinjaman tunai dan resmi bagi para pengguna Shopee dengan limit yang mencapai 12 juta Rupiah. Proses pengajuannya pun sangat mudah, mulai dari pendaftaran hingga proses verifikasi.  Bahkan, dana yang kamu ajukan bisa langsung dicairkan hari ini juga loh!

Lantas, selain menggunakan makeup primer, langkah apa lagi sebenarnya yang perlu diambil? Berikut ini adalah beberapa tips makeup yang bisa dilakukan untukmu yang memiliki kulit berminyak!

Tips Makeup untuk Wajah Kulit Berminyak : 

1. Bersihkan Wajah Sebelum Mengaplikasikan Makeup 

Sebelum menggunakan makeup, ada baiknya jika kamu membersihkan wajah terlebih dahulu dari kotoran ataupun sisa makeup. Untuk mulai membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan makeup, sebaiknya kamu memakai cleanser. 

Usapkan cleanser tersebut dengan gerakan memutar lalu pijat dengan lembut untuk beberapa waktu. Lalu, bersihkan wajah dengan kapas secara hati-hati supaya jaringan kulit tidak rusak. 

Setelah itu, bersihkan wajah menggunakan sabun muka supaya kulit semakin bersih secara maksimal. Keringkan juga wajah dengan mengelapnya menggunakan handuk yang teksturnya halus secara perlahan-lahan. 

2. Pakai Toner Wajah  

Setelah membersihkan wajah, gunakan juga toner wajah sebelum mengaplikasikan makeup. Adapun, toner wajah ini dapat membuat pH kulit menjadi netral kembali saat digunakan. 

Selain itu, toner wajah ini pun bisa mengurangi minyak berlebih serta mengangkat sel-sel kulit mati. Untuk kulit yang berminyak, kamu bisa menggunakan toner wajah dengan kandungan witch hazel dan salicylic acid. 

3. Aplikasikan Essence   

Sesudah memakai toner wajah, langkah selanjutnya adalah menggunakan essence sebelum mengaplikasikan makeup. Sebagai informasi, essence sendiri diketahui dapat mencegah lengket timbul di kulit wajah karena minyak berlebih. Jangan lupa pilih essence yang bisa mengurangi produksi sebum ya!

4. Gunakan Produk Makeup Noncomedogenic & Bebas Minyak 

Produk makeup yang bebas minyak dan noncomedogenic (tidak menyumbat pori-pori) diketahui ideal dipakai oleh pemilik kulit berminyak. Apalagi, produk ini biasanya akan memberikan hasil akhir yang matte. Dengan begitu, wajah tidak akan tampak semakin berkilau saat memakai makeup. 

Produk makeup bebas minyak dan noncomedogenic yang bisa kamu pilih antara lain blush, foundation, eye shadow, sampai bedak. Selain itu, kamu juga bisa memakai produk makeup yang khusus untuk tipe kulit berminyak dan berjerawat. 

5. Jangan Lupa Gunakan Pelembap 

Perlu diingat, kulit berminyak bukan berarti tidak membutuhkan pelembap. Sebab, kandungan minyak di wajah tidak sama dengan pelembap alami. Dengan begitu, tidak dapat menjaga kulit wajah agar tidak kusam. 

Ada baiknya untuk mengaplikasikan pelembap sebelum menggunakan makeup. Pilih juga pelembap yang bebas minyak dan punya tekstur ringan seperti dalam bentuk serum. 

Pasalnya, pelembap yang punya bentuk serum mampu melembapkan kulit wajah tanpa membuatnya lebih berminyak. Untuk mengaplikasikannya, gunakan pelembap secara tipis-tipis namun merata. Aplikasikan pelembap dari bagian leher atas sampai ke bawah dagu. 

6. Jangan Pakai Bedak Secara Berlebihan  

Banyak perempuan menganggap bahwa menggunakan bedak secara berlapis merupakan hal yang tepat ketika merias wajah. Namun, hal ini justru sebaiknya dihindari oleh para pemilik kulit berminyak. Sebab, memakai bedak secara berlebih malah akan membuat pori-pori kulit memproduksi minyak lebih banyak. 

Dengan begitu, kulit wajah akan terlihat lebih berminyak ketika memakai makeup dalam beberapa jam. Ada baiknya, kamu untuk menggunakan sedikit saja bedak tabur di area kulit yang berminyak seperti area T pada wajah. 

Sebab, bedak tabur bisa menyerap minyak di wajah dengan cukup baik. Jangan lupa untuk memilih produk bedak tabur yang menggunakan formula matte translucent ya!

7. Jangan Lupa Memakai Sunscreen   

Penggunaan sunscreen adalah hal yang perlu dilakukan, terlepas apan pun tipe kulitmu, termasuk jika tipe kulit berminyak. Sebaiknya gunakan sunscreen berlabel oil free dan noncomedogenic untuk kamu yang punya kulit berminyak. 

Selain itu, pilih juga produk sunscreen yang water-based agar terasa ringan saat diaplikasikan di kulit. Agar tidak timbul jerawat karena menggunakan produk sunscreen, pilih yang punya kandungan titanium dioksida dan zinc oxide. 

8.Bawa Kertas Minyak Saat Pergi Beraktivitas    

Tips terakhir adalah jangan lupa untuk selalu membawa kertas minyak ketika pergi beraktivitas. Sebab, hasil makeup akan mulai berminyak setelah beberapa waktu, terutama saat siang hari. 

Untuk menggunakan kertas minyak, sebaiknya jangan digosok-gosokan ke wajah. Adapun, cara yang benar adalah dengan menekan kertas di area kulit berminyak dengan lembut. 

Beli Produk Makeup Kulit Wajah Berminyak di Shopee

Nah, itulah 8 tips makeup paling efektif buat kulit berminyak. Jangan lupa, beli primer untuk kulit berminyak terpercaya hanya melalui Shopee. Akan ada banyak diskon, voucher, hingga cashback dapat kamu temukan selama berbelanja di Shopee. Selamat mencoba ya!

Baca Juga