7 Tips Melakukan Presentasi agar Berhasil Menarik Perhatian Audiens

7 Tips Melakukan Presentasi agar Berhasil Menarik Perhatian Audiens Ilustrasi presentasi
Covesia.com - Apakah dalam waktu dekat ini, Anda akan melakukan presentasi baik untuk tugas sekolah, kerja, atau menggaet klien bisnis baru? Jika iya, pahami beberapa tips presentasi yang ada pada artikel ini. Pastikan audiens tertarik dengan materi presentasi Anda!

Apa itu presentasi? Presentasi adalah kegiatan memaparkan sebuah materi, informasi, penelitian, ataupun promosi bisnis yang dilakukan di depan umum. Tujuan presentasi yakni menyampaikan pesan Anda kepada audiens agar dapat diterima dengan baik.

Alur presentasi biasanya dimulai dengan pembukaan presentasi terlebih dahulu. Contoh pembukaan presentasi adalah sebagai berikut:
"Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk memberikan presentasi hari ini. Saya akan menyampaikan materi tentang menjaga kebersihan di lingkungan sekolah dan saya berharap Anda dapat mengikuti penjelasan saya dengan baik."

Setelah memberikan pembukaan, sampaikan materi utama secara terstruktur. Jika pemaparan presentasi sudah beres, maka beri audiens kesempatan untuk bertanya. Usai rampung semua, lakukan penutup presentasi yang baik dengan contoh seperti ini:

"Saya berharap Anda telah menemukan presentasi saya hari ini bermanfaat. Jika Anda memiliki pertanyaan atau ingin mengetahui lebih lanjut tentang topik ini, jangan ragu untuk menghubungi saya. Terima kasih telah mengikuti presentasi saya."

Hal terpenting dalam presentasi adalah tentu saja menerapkan cara presentasi yang baik. Sekalipun materinya sudah bagus, bisa jadi hal-hal seperti gugup akan mengurangi performa. Jadi, apa yang harus kita lakukan agar berhasil menarik perhatian audiens? Ini dia tipsnya!

7 Tips Melakukan Presentasi agar Berhasil

1. Persiapkan dengan Matang

Tips pertama, pastikan Anda mengetahui materi yang akan Anda sampaikan dengan baik. Siapkan slide presentasi yang jelas dan mudah dipahami. Tuliskan topik presentasi berdasarkan kebutuhan, lalu susun strukturnya mulai dari pembuka hingga penutup.

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan materi presentasi lengkap dan menyeluruh. Baca kembali dan review isi dari awal sampai akhir agar tidak ada satu pun bagian yang terlewat. Selama pembahasannya sudah utuh, Anda sudah terbilang siap untuk presentasi.

2. Buat Konten Presentasi yang Menarik

Gunakan gambar, video, atau grafik untuk memperkaya presentasi Anda. Hindari terlalu banyak teks atau angka di slide presentasi, karena dapat membuat audiens merasa bosan. Sebagai referensi, Anda dapat mempelajari fitur presentasi di Canva.

Dikutip dari laman resmi, Canva memiliki ribuan contoh presentasi siap pakai dan gratis untuk membantu mewujudkan karya terbaik Anda. Sesuaikan pula background presentasi dengan ribuan elemen desain seperti gambar, video, dan grafis yang memukau.

3. Latih Kemampuan Presentasi

Latihan presentasi di depan keluarga atau teman-teman akan membantu Anda mempersiapkan diri untuk saat yang sesungguhnya. Ini juga akan membantu Anda mengetahui bagaimana cara terbaik untuk menyampaikan materi presentasi di depan umum.

Salah satu aspek yang penting dalam presentasi adalah pelafalan secara lisan. Beberapa orang kerap gugup karena harus berhadapan dengan banyak audiens. Sebagai tips, usahakan agar Anda tenang dan terus menghafal materi agar tingkat kepercayaan diri meningkat.  

4.  Sampaikan Materi dengan Jelas

Jelaskan materi dengan jelas, sistematis, dan bertutur agar audiens dapat mengikuti alur pemikiran Anda. Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens. Pastikan pula materi tersebut to the point, sederhana, dan juga ringkas.

Semakin tepat sasaran isi materi Anda, maka semakin audiens dapat fokus dan paham akan topik utama presentasi. Sementara itu, bahasa yang sederhana akan membantu seluruh kalangan audiens memahami apa maksud dan tujuannya. 

5. Bangun Interaksi dengan Audiens

Mulailah presentasi dengan menyapa audiens dan coba buat koneksi dengan mereka. Ini dapat membuat presentasi Anda lebih menyenangkan bagi audiens. Jika Anda terus memaparkan isi materi secara formal, bisa jadi audiens akan bosan bahkan sejak awal presentasi.

Sapaan audiens bisa dilakukan secara sederhana, misal bertanya kabar hingga seberapa jauh mereka memahami topik yang akan dibahas. Terlepas dari sapaan singkat dalam beberapa momen, manfaatkan pula sesi tanya jawab untuk membangun komunikasi yang baik.

6. Jadilah Percaya Diri

Percaya diri adalah kunci sukses dalam presentasi. Pastikan Anda mengetahui materi dengan baik dan percayalah pada kemampuan Anda untuk menyampaikannya dengan baik.

Bagi beberapa orang yang sudah sering presentasi, mungkin mereka tak akan ragu karena sudah terbiasa. Cobalah latih semisal presentasi di depan keluarga, kerabat dekat, bisa juga di depan cermin dan perhatikan bagaimana ekspresi Anda saat melakukan presentasi.

7. Tetap Bersikap Tenang dan Santai

Jangan terlalu tertekan atau cemas selama presentasi. Cobalah untuk bersikap santai dan nyaman, ini akan membantu Anda untuk fokus pada materi yang akan Anda sampaikan.

Setiap orang memiliki ritualnya tersendiri untuk menghilangkan rasa gugup. Namun, beberapa saran untuk Anda lakukan demi menghilangkan gugup adalah latihan di depan kaca dalam waktu singkat, cuci muka, makan permen, hingga melakukan peregangan tubuh sejenak.

Itulah tadi tips melakukan presentasi agar berhasil dan menarik perhatian audiens. Sebisa mungkin, lakukan tips di atas agar Anda dapat menjalani presentasi dengan baik dan hasilnya memuaskan. Selamat mencoba!

Baca Juga