- Advertisement -
BerandaLifestyleIni 4 Dampak Buruk Jika Anda Membawa Sepatu ke Dalam Rumah

Ini 4 Dampak Buruk Jika Anda Membawa Sepatu ke Dalam Rumah

- Advertisement -

Covesia.com – Banyak negara di Asia yang memiliki kebiasaan wajib melepas sepatu sebelum memasuki rumah, salah satunya di Indonesia. Karena, mereka menganggap sepatu membawa banyak kotoran, debu dan bakteri setelah seharian berpergian.

Alasan itu pula yang membuat mereka kebiasaan memakai dan melepas sepatu selalu di luar rumah. Lalu, mereka juga akan meletakkan sepatunya di depan rumah atau di sisi luar rumah manapun.

Dilansir dari suara.com, jaringan covesia.com, Sabtu (2/10/2021), kebiasaan ini tentu sangat baik untuk menjaga kebersihan. Tapi dilansir dari Bright Side, ada pula beberapa alasan lain untuk membangun kebiasaan melepas sepatu sebelum masuk rumah.

  1. Anda mungkin membawa bakteri jahat di sepatu

Anda bisa membawa banyak kuman berbahaya yang menempel pada sepatu selama berpergian. Meskipun, sepatu Anda terlihat masih bersih dan baru.

Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 40 persen sepatu bisa membawa bakteri Clostridium difficile ke dalam rumah. Bakteri ini bisa memicu infeksi yang resisten terhadap sebagian besar obat dan bisa mengakibatkan diare serta peradangan di perut.

  1. Kuman di sepatu bisa memicu iritasi kulit

Peptisida dan bahan kimia berbahaya lainnya pada tumbuhan juga bisa menempel pada sepatu ketika Anda berjalan-jalan ke taman atau kebun. Bahan kimia dan kuman yang menempel pada sepatu ini bisa memicu berbagai komplikasi kesehatan, termasuk iritasi kulit dan mata. Karena itu, lebih baik lepas sepatu di luar sebelum masuk ke rumah.

  1. Sepatu bisa melukai kaki

Hanya 28 hingga 37 persen orang yang memakai sepatu sesuai dengan ukurannya. Jika kaki Anda pernah terasa sakit atau bengkak, kemungkinan itu disebabkan oleh ukuran sepatu yang tidak pas. Pakai sepatu yang tidak pas bisa mengiritasi kulit jari kaki dan menyebabkan memar serta kuku kaki tumbuh ke dalam.

  1. Sepatu jarang dibersihkan

Kebanyakan orang jarang membersihkan sepatu. Karena itu, melepas sepatu di luar juga lebih membantu Anda menjaga kebersihan rumah, sehingga tidak perlu berulang kali membersihkannya karena kotoran sepatu.

Sumber: Suara.com

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -