Dinkes Sleman Gencar Ajak Masyarakat Tidak Merokok

Sleman – Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, terus menggencarkan ajakan kepada masyarakat untuk berkomitmen tidak merokok dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-50 ini adalah ulang tahun emas pembangunan kesehatan Indonesia yang harus bergerak dari pendekatan kuratif ke pendekatan promotif dan prefentif melalui gaya hidup sehat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman Mafilindati Nuraini saat senam sehat bugar dengan komitmen tidak merokok di Sleman, Jumat (14/11/2014).

Menurut dia, seluruh lapisan masyarakat diajak untuk turut ambil bagian dari peringatan HKN ini.

“Gaya hidup yang kurang bergerak aktif dan merokok yang cenderung tidak santun mengakibatkan menurunnya tingkat kebugaran jasmani dan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya,” katanya.

Ia mengatakan, upaya promotif dan prefentif perlu dilakukan dengan meningkatkan aktivitas visi dan penanaman komitmen untuk ciptakan udara bersih bebas asap rokok.

Komitmen tidak merokok ini ditandai dengan cap telapak tangan kiri di atas kain putih sepanjang 20 meter, yang diawali Bupati Sleman Sri Purnomo dan diikuti pejabat Sleman lainnya serta peserta senam dan gerak jalan.

“Komitmen ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dan kain cap telapak tangan akan dikumpullkan untuk diikutsertakan dalam rekor MURI,” katanya.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan lomba gerak jalan antar instansi dalam rangkaian kegaitan HUT Korpri ke 43, dengan pelepasan bendera start oleh Bupati Sleman, menempuh jarak sekitar lima kilometer mengelilingi Ibu Kota Sleman Beran. (ant/gyi)

0 Comments

Leave a Comment

twenty + seven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password