Kain Songket Ikut Andil Dalam Memajukan Dunia Fashion

Padang – Trend fashion tradisional belakangan ini terus berkembang, termasuk kain songket dari Sumatra Barat.

Berbagai macam mode bermunculan dengan bahan dasar kain songket tersebut.

Hal itu dapat dibuktikan dengan banyaknya peminat kain khas dari Minangkabau ini. Peminat kain songket ini tidak hanya berasal dari Sumbar namun juga dari luar provinsi bahkan mancanegara.

Dari tahun ke tahun pengrajin dan perancang kain songket selalu melakukan inovasi dan terobosan baru untuk mampu bersaing di pasar lokal dan menembus pasar global.

Seperti yang disampaikan oleh pengrajin sekaligus perancang kain songket, Nelvi, bahwa kain songket Sumbar mempunyai peranan penting dalam kemajuan fashion di Indonesia.

“Kita harus mengakui dalam berkembang pesatnya kemajuan fashion, songket disana juga berkontribusi,” ujar Nelvi kepada covesia, Senin (17/11/2014).

Dikatakan, dengan perkembangan teknologi kain songket sekrang juga bisa dimodifikasi dengan berbagai bentuk sehingga para konsumen bisa memilih.

“Trend tabrak warna merupakan pilihan favorit dikalangan mayarakat saat ini dengan menggunakan warna dasar shocking pink,”ujarnya.

Sementara bahan yang lebih diminati oleh fashionista, imbuh Nelvi, saat ini adalah bahan tafeta, victoria dan ceruti dengan motif sulam timbul.

Fungsi dari kain songket sendiri tidak hanya dapat digunakan pada acara-acara tertentu atau formal namun dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari dengan mode yang lebih simple dan kombinasi bahan yang nyaman digunakan. (feb/lif)

0 Comments

Leave a Comment

two + twenty =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password