Puluhan Kampung di Papua Belum Ada Pelayanan Kesehatan

Mimika – Sebanyak 41 kampung di wilayah pegunungan pedalaman Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, sama sekali belum tersentuh pelayanan kesehatan.

“41 kampung ini berada di wilayah pegunungan Mimika, jarang disentuh pelayanan kesehatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Mimika, H Ibrahim Iba setelah bertatap muka dengan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg Aloysius Giyai di Mimika, Kamis (20/11/2014) seperti yang dirilis covesia.

Puluhan kampung tersebut tersebar di beberapa distrik antara lain Distrik Alama, Distrik Jila dan Distrik Agimuga, puluhan kampung itu belum terhitung dengan sejumlah kampung yang berada di daerah pantai.

“Kami belum hitung kampung-kampung yang ada di daerah pantai, kalau semuanya terhitung diperkirakan mendekati jumlah ratusan,” ujarnya.

Menurut dia, sebagian besar dari 41 kampung itu hanya bisa dijangkau dengan menggunakan helikopter. Dua kali terbang ke satu kampung dalam satu tahun memakan biaya sejumlah Rp6 miliar.

Rata-rata, katanya, puluhan kampung itu belum ada Puskesmas dan Pustu. “Hanya melalui transportasi helikopter dan medan antarkampung cukup jauh,” ujarnya.

Menurut dia, saat ini pihaknya sementara berupaya mendatangi puluhan kampung tersebut dan memberikan pelayanan kesehatan. Selain memberikan pelayanan kesehatan, kata dia, pihaknya juga menugaskan tenaga kesehatan menempatkan tenaga kesehatan untuk melayani warga setempat.

“Petugas yang kami tempatkan sesuai kontrak karena belum diangkat menjadi pegawai,” ujarnya. (ant/gyi/lif)

0 Comments

Leave a Comment

4 × three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password