10 Tips Sederhana Merawat diri Secara Mandiri

Covesia.com – Perawatan diri adalah salah satu kemampuan dasar manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, kesehatan dan kesejahteraan sesuai dengan kondisi kesehatannya. Defisit perawatan diri merupakan suatu kondisi pada seseorang yang mengalami kelemahan kemampuan dalam melakukan/melewati aktivitas perawatan diri secara mandiri.

Perawatan diri tidak sulit dan tidak harus membuang banyak waktu. Perawatan diri diperlukan untuk mendengarkan dan menanggapi apa yang tubuh kita butuhkan.

Berikut adalah 10 strategi perawatan diri yang dapat anda lakukan setiap hari :

1. Menjaga Kualitas Tidur

Tidur yang cukup mendatangkan kegunaan bagi tubuh. Tidur dikatakan sebagai penghilang stres dan juga meningkatkan produktifitas dalam berkegiatan. Dengan tidur yang cukup, serangan depresi atau kecemasan dapat berkurang. Oleh sebab itu sangat penting buat menempatkan tidur yang cukup sebagai prioritas. Tidur yang cukup dapat meningkatkan memori. Jika anda mengalami kesulitan berkonsentrasi di tempat kerja, kemungkinannya adalah bahwa anda kurang tidur. Banyak penelitian yg menyebutkan bahwa kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan masalah pada daya ingat.

Salah satu kegunaan besar yang diperoleh dari tidur yang cukup adalah membantu dalam menjaga ketahanan tubuh. Saat sedang tidur tubuh menghasilkan molekul protein tambahan yang memperkuat kemampuan buat melawan infeksi agar tetap sehat. Tidur tak hanya memiliki fungsi yang sederhana seperti menghilangkan rasa kantuk, namun selain hal yang disebutkan di atas, tidur juga memperkuat sistem kekebalan tubuh.

2. Banyak Minum Air Mineral

Air adalah cairan terpenting yang sangat di butuhkan tubuh manusia. Ada banyak manfaat minum air mineral yang diperoleh tubuh, mulai dari menghilangkan racun, memperlancar pencernaan sampai mencegah timbulnya berbagai penyakit. Khasiat air mineral bisa anda dapatkan dengan meminumnya secara teratur minimal 8 gelas per hari. Mengkonsumsi air mineral akan menjaga keadaan tubuh tetap sehat dan organ-organ di dalamnya bisa bekerja secara maksimal. Sayangnya, disaat haus cenderung memilih minuman yang belum jelas manfaatnya baik untuk tubuh maupun dalam upaya menghilangkan rasa haus itu sendiri. Konsumsi air mineral menjadi jauh lebih utama dibanding konsumsi minuman lain.

3: Move On

Move on, kamu bisa lebih menghargai diri sendiri untuk lebih mengembangkan diri sendiri dan meraih sesuatu yang lebih baik. Ini mengangkat suasana hati Anda, mengurangi stres dan memberi anda lebih banyak energi.

4.Menghabiskan Waktu dengan Teman

Sebuah jaringan sosial yang kuat membuat kita lebih bahagia, dan tidak ada cara yang lebih baik untuk mengurus diri sendiri daripada menghabiskan waktu dengan teman-teman kita. Mereka memegang tangan kita ketika kita sedih, mendukung kita ketika kita takut dan membuat kita tertawa di saat gelap. Jangan menunggu sampai krisis berikutnya untuk menghabiskan waktu dengan orang-orang yang peduli.

Hari ini, jadwal tanggal untuk kopi atau makan siang dengan teman dekat karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan.

5. Baca Buku

Membaca buku membuat pikiran kita tajam, dan pikiran yang aktif baik memperlengkapi kita untuk menangani stres dan kehidupan tantangan. Jadilah pada pencarian konstan untuk belajar dan menantang pikiran. Ini akan memberikan kontribusi untuk pikiran yang lebih positif dan pandangan yang lebih baik terhadap kehidupan.

6. Nikmati Hobi

Memiliki waktu untuk melakukan sesuatu hanya untuk bersenang-senang adalah contoh utama dari perawatan diri. Semua orang merasa baik ketika mereka melakukan sesuatu yang mereka cintai. Menikmati hobi bukan tentang menguasai keterampilan, ini adalah tentang melepaskan stres dan kekacauan hari di suatu kegiatan yang kita nikmati.

7. Selfie

Selfie bisa menjadi penyemangat bagi diri sendiri saat terpuruk atau kesepian. Selfie mampu menciptakan keseimbangan dalam pikiran seseorang sehingga mampu mempengaruhi kondisi psikologis seseorang. Selain itu, selfie juga bisa dijadikan trik terapi yang unik dan mudah untuk menenangkan diri seseorang saat sedang stres. Menurut Matthew Johnstone, aktivitas memotret diri sendiri akan membawa kita pada kesadaran tentang apa yang sedang terjadi sekarang di sini.

8. Carilah Kenyamanan

Menemukan ketenangan mengisi energi alam kita, dan energi alam kita adalah segala sesuatu yang mendorong kita melalui hari-hari. Di tengah ketenangan, kita bisa melepaskan kekacauan di sekitar dan fokus pada mengisi energi pada tubuh kita dengan suasana yang nyaman. Ini akan membuat kita merasa lebih terpusat dan lebih optimis.

9. Memanjakan Diri

Memanjakan diri sendiri bisa mencakup berbagai aktivitas, yang semuanya harus disesuaikan untuk membuat anda merasa bahagia dan rileks. Apakah anda ingin memanjakan tubuh, pikiran, atau hati, maka bersantailah.

10. Selalu bersyukur

Sebagian besar dari perawatan diri adalah bersyukur untuk semua yang baik dalam hidup kita. Ketika kita mengambil waktu untuk berlatih syukur, kita mengubah pola pikir dan pandangan kita tentang dunia.

(Ila Sean)

0 Comments

Leave a Comment

2 × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password