- Advertisement -
BerandaLifestyle"KABA Festival" Mewadahi Karya Seniman Sumbar

“KABA Festival” Mewadahi Karya Seniman Sumbar

- Advertisement -

Padang – Mewadahi karya para seniman, sekelompok seniman asal Sumatera Barat gelar festival bertajuk “KABA Festival”.

Festival berbasis seni tradisi ini akan diikuti lima kelompok. Lima kelompok seni tersebut mewakili genre tari, musik dan teater yang berakar pada tradisi Minangkabau.

Mereka adalah, Nan Jombang Dance Company dengan judul Tarian Malam. Koreografer Ery Mefri dengan durasi 65 menit.

Impressa Dance Company dengan judul Ratok Nyao dengan koreokrafer Joni Andra, durasi 60 menit. Langkok Group dengan judul karya

Ratok Singgalang, komposer Hasanawi, durasi 30 menit.

Parewa Limo Suku dengan judul karya, Batampi Bareh. Komposer Irmun Krisman, durasi 30 menit.

Terakhir, Ranah Teater dengan judul karya, Drama Berdendang(Minangkabau opera, Sandiwara pekaba Kisah Percobaan Pembunuhan Tuanku Imam. Sutradara S.Metrom Masdison dengan durasi 60 menit.

Koreografer Indonesia asal Sumbar, Ery Mefri, Sabtu (22/11/2014) seperti yang dirilis covesia mengatakan “KABA Festival” I, akan digelar di Ladang Tari Nan Jombang, Balai Baru Kecamatan Kuranji, Padang 3 hingga 5 Desember 2014 secara swadaya oleh lima orang seniman Sumatera Barat yang membentuk kelompok “Gelombang Minangkabau”.

Melalui “KABA Festival” ini ia karya-karya para seniman dapat menjadi daya tarik dan minat para direktur festival dari berbagai negara.

Ia mengatakan, kesenian tradisi Minangkabau sangat kaya dan tidak akan habis untuk digali dan dieksplorasi sebagai sumber karya. Persoalanya sekarang, kesempatan untuk dilihat dan dikenal dunia yang masih terbatas. Melalui iven inilah kita berikan peluang itu,”sebutnya. (ant/gyi)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -