Ribuan Peziarah Akan Padati Ulakan Pada 10 Syafar Nanti

Pariaman – Seperti tahun sebelumnya, pada 10 Desember 2014 nanti, ribuan orang peziarah akan hadir dari berbagai penjuru Indonesia maupun Mancanegara memadati makam penyebar agama Islam pertama di Sumatera barat, Syech Burhanudin untuk melakukan ritual tahunan “Basapa”.

“Ritual basapa tahun 2014 ini, kita tetapkan pada tanggal 10 Desember nanti. Seperti biasa pada hari pucaknya itu, ribuan pengunjung akan memadati areal makam ini,” tutur pemegang kunci makam Syech Burhanudin, Imam Paman kepada covesia.com, Minggu (22/11/2014).

Disebutkan juga oleh Paman, para peziarah yang hadir ke makam Syech Burhanudin, Ulakan, kabupaten Padang Pariaman ini, akan hadir secara berbondong-bondong untuk melakukan berbagai ritual ziarah dari pagi hari sampai menjelang subuh keesokan harinya.

“Banyak yang datang secara berkelompok dan membuat ritual masing-masing dalam melakukan ziarah nantinya, dan pada hari tersebut kita juga akan melihat lautan manusia disini, dari pagi sampai ke pagi lagi esok harinya,” ujar Paman.

Dijelaskannya, Basapa merupakan sebuah ritual ziarah yang telah berlangsung dari masa ke masa bagi penganut paham Syathariah yang meyebar di berbagai penjuru Indonesia maupun mancanegara.

Pada setiap tanggal yang telah ditentukan oleh panitia Basapa yakni, setiap tanggal 10 bulan Safar (hitungan kalender Hijriah.red ) merupakan hari puncak acara basapa, pungkasnya. (adi/jmb)

0 Comments

Leave a Comment

4 × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password