Anak Usia Dini Jangan Dibohongi

Solo – Anak dalam masa pendidikan usia dini (Paud) belum dituntut untuk berprestasi, melainkan harus terus didampingi orang tua untuk

perkembangannya.

Kepala Pusat Studi Kesehatan dan Reproduksi Anak Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Sebelas Maret Surakarta, dr.Istar Yuliadi mengatakan, Paud merupakan masa bagi anak untuk bermain dan pembelajaran yang diberikan harus sesuai usianya.

Satu hal yang sangat penting bahwa anak pada masa Paud, jangan pernah dibohongi. Berikan jawaban atas setiap pertanyaan yang mereka

ajukan, dengan cara membreikan penjelasan memakai bahasa sederhana dan benar.

Kenapa begitu penting untuk tidak membohongi anak dimasa Paud ? Karena itu akan mempengaruhi perkembangan jiwa anak itu sendri.

Cara mendidik anak dalam masa usia dini diperlukan sikap yang penuh kasih sayang dan kesetiaan untuk membesarkannya. Sejumlah pakar memberikan tips untuk mendidik anak Paud.

Antara lain, memberikan pendidikan agama yang kuat, menghargai prilaku anak, mengajak anak berbicara dalam diskusi, menyediakan banyak waktu untuk anak, memberikan contoh teladan yang baik.

Bahkan yang lebih penting adalah bersikap sabar dan menahan emosi/amarah kepada anak, serta mengjarkan mereka bersikap disiplin. (gyi)

0 Comments

Leave a Comment

fifteen − fourteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password