Festival 1.001 Topeng dari Bahan Bekas

Kediri – Para pelajar di Kediri antusias mengikuti festival 1.001 topeng panji dalam rangkaian kegiatan Festival Panji Nusantara 2014. Berbagai konsep ditampilkan peserta dalam iven ini. Uniknya, topeng-topeng tersebut dibuat dari bahan bekas.

Para peserta membuat sendiri topeng dan memakai seragam sesuai kesepakatan bersama. Mereka konvoi keliling di jalan protokol Kota Kediri dengan jalan kaki.

Panitia acara, Getut Lestari mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar dengan melibatkan pelajar dengan maksud, bahwa mereka generasi bangsa diharapkan akan dapat mempertahankan dan melestarikan budaya.

Getut mengatakan, tema yang diambil untuk festival ini adalah Panji. Panji menurutnya, merupakan tokoh yang terkenal dalam cerita kuno, dengan demikian diharapkan para pelajar juga mengerti sejarah.

Rangkaian kegiatan Festival Panji Nusantara 2014 tersebut terdiri dari workshop pembuatan topeng panji untuk pelajar. Seminar panji, kirab 1001 topeng panji, festival jaranan usia pelajar sesi 1 dan sesi 2, parade teater.

Berikut, wayang krucil, jemblung, ketoprak tobong dan fragmen panji nusantara, Jaranan Ndadi Tenan vs Mbah Gimbal, pameran seni rupa “Benang merah” dan Performan art Welldo Wnophringgo. (gyi)

0 Comments

Leave a Comment

three + twelve =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password