13 Sungai di Jakarta Tanggung Jawab Penuh Dinas Kebersihan

Jakarta- Buruknya kualitas air kali di Kota Jakarta disinyalir karena masih belum adanya instansi yang profesiaonal dalam menggelolah kali di Jakarta. Banyaknya tumpang tindih instansi yang menggelolah sungai ibu kota juga menjadi faktor penghambat pencegahan banjir dan normalisasi kali/ sungai di Jakarta.

Maka karena itu kepala Dinas UPK Badan Air dan Taman Dinas Kebersihan Jakarta Mumuh Mulyana, saat dihubungi covesia, Jumat (28/11/2014) mengatakan, Instansi yang dia pimpin sedang menunggu Gubernur Basuki Tanja Purnama (Ahok) untuk menyerahkan kewenangan penuh pada Dinas UPK Badan Air dan Taman Dinas Kebersihan DKI Jakarta.

“Saat ini kami masih menunggu serah terima dari instansi terkait, dan kepada Gubernur DKI untuk selanjutnya diserahkan kepada kami,” ujar Mumuh.

Adapun 13 sungai yang melintasi ibu kota Jakarta tersebut adalah, kali Angke, kali Pesanggrahan, kali Grogol dan kali Mookervart keempat kali tersebut melintasi bagian Selatan dan Barat DKI Jakarta. Kemudian kali Kerukut, Kali Baru Barat, kali Ciliwung, kali Sunter, kali Buaran, kali Cakung, kali Jati Keramat. Sungai-sungai tersebut melintasi bagian timur dan pusat wilayah kota Jakarta.

Tanggung jawab besar ini nantinya akan menjadi tanggung jawab penuh UPK Badan Air taman Dinas kebersihan DKI kedepan. Dalah hal ini Mumuh, menambahkan instansinya tidak hanya tidak hanya berhenti dalam memantau membersihkan sampah-sampah yang melitas diatas sungai-sungai tersebut. Bahkan lebih dari itu, Mumuh mengatakan UPK dinas Kebersihan DKI Jakarta juga akan mengkontrol segenap infrastruktur dari hulu sampai hilir yang menyangkut perawatan sungai di ibu kota. (pjr/cal)

0 Comments

Leave a Comment

9 + 17 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password