Tuk, kitak-kituk, Bendi Siap Mengantar Anda Keliling Bukittinggi

Bukittinggi – Berkeliling di kota wisata memang sangat mengasyikan, namun jika anda berkeliling dengan kendaraan mobil atau motor, nikmatnya merasakan keindahan kota sedikit berkurang dan akan menambah polusi di kota tersebut.Kalau anda memilih berkeliling dengan jalan kaki, pastinya akan sangat melelahkan.

Nah, di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, ada pilihan alat transportasi yang tepat untuk anda jalan-jalan berkeliling menikmati keindahan wisata di kota ini.

Bendi, begitu biasanya masyarakat Sumatera Barat menyebutnya. Bendi merupakan alat transportasi berupa kereta yang ditarik oleh kuda. Meski dianggap ketinggalan zaman, namun eksistensi bendi masih tetap terjaga di kota yang kaya akan sejarah ini. Meski jumlah bendi tersebut tidak sebanyak di awal tahun 80 hingga 90 an.

Untuk berkeliling Kota Bukittinggi dengan Bendi, anda cukup mengeluarkan biaya Rp 50 ribu. Bendi akan siap mengantarkan perjalanan anda berkeliling mulai dari Jam gadang, Kampuang Cino, Simpang Tembok, dan lanjut melewati Simpang Ngarai Sianok, Panorama hingga kembali lagi ke Jam Gadang.

“Lebih enak naik bendi, harga bisa ditawar,” ujar Datuak Muncak, salah satu kusir bendi kepada covesia, Jumat (28/11/2014).

Menurutnya, meski motor dan mobil telah banyak di kota Bukitinggi, masih banyak orang yang suka menggunakan bendi. Meskipun yang banyak menggunakan transportasi adalah para pengunjung atau wisatawan.

Bendi di sini siap sedia mengantar anda setiap hari, termasuk hari libur. Jadi, anda tidak perlu khawatir jika berada di sini saat hari libur. Biasanya bendi mulai mangkal di jam gadang semenjak pukul 07.00 pagi hingga pukul 21.00 WIB.

Untuk anda yang penasaran dengan cara menggunakan bendi. Anda bisa meminta pak supir untuk mencoba menjadi pembawa bendi, namun pastinya akan tetap didampingi oleh pak kusir yang sudah berpengalaman di sebelah anda.

Tuk, kitak-kituk, suara sepatu kuda, menemani perjalanan anda selama berkeliling. Jangan lupa mengabadikan momen naik bendi ini dengan kamera anda. Dijamin ini akan menjadi pengalaman yang seru selama anda berlibur di Bukittinggi. Kota yang indah, udara yang sejuk, transportasi yang ramah lingkungan, inilah warna-warni indonesia. (peb/gyi)

0 Comments

Leave a Comment

one − one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password