Biaya Transplantasi Ginjal Hingga Rp 250 Juta Ditanggung BPJS

Bandung – Untuk membantu masyarakat dalam biaya pengobatan medis, BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan juga menanggung biaya transplantasi ginjal yang dilakukan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Bandung, Jawa Barat.

Sementara mengenai jumlah nominal yang ditanggung mencapai Rp 250 juta. Sisanya, keluarga pasien yang harus membayarnya.

Hal itu disampaikan Dirut Rumah Sakit Hasan Sadikin, Ayi Djembarsari saat jumpa pers Transplantasi Ginjal di ruang pertemuan Paviliun Parahyangan RSHS, Jalan dr Eyckman, Jumat (28/11/2014).

“Untuk pembiayaan transplantasi ginjal ini BPJS mendukung biaya sampai Rp 250 juta. Namun untuk selisih biaya itu, tentu saja ditanggung keluarga pasien. Namun bantuan ini sudah sangat banyak,” terang Ayi.

Biaya operasi transplantasi ini disebut Ayi membutuhkan biaya sekitar Rp 300 – Rp 400 juta. Untuk operasi transplantasi ginjal pada pasien Dewi dan Neneng misalnya, Ayi menyebut keluarga perlu menambah biaya sekitar Rp 100 juta.

“Karena untuk pemeriksaannya juga sangat teliti, baik untuk pendonor maupun penerima donor,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Unit Manajemen Pelayanan Kesehatan Rujukan, Kantor Cabang Utama BPJS Kesehatan Bandung, Rudi Wijaya dalam siaran persnya yang diterima covesia menjelaskan, sesuai dengan amanat UU, BPJS menanggung biaya kesehatan termasuk didalamnya transplantasi jantung sebesar Rp 250 juta.

“Untuk transplantasi ginjal ini termasuk pemeriksaan hingga penyembuhan dan kalau sampai nanti kontrol dan masih dalam observasi, obat-obatan juga masih dijamin dalam program pemerintah tersebut,”ujarnya.(jmb)

0 Comments

Leave a Comment

one × five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password