1.242 Orang Terinveksi HIV/AIDS di Pekanbaru

Pekanbaru – Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Provinsi Riau mengatakan, terjadi peningkatan yang cukup tajam dalam kasus HIV/AIDS di Kota Pekanbaru. Hingga Oktober 2014 ini jumlah warga di wilayahya yang terinveksi Human immunodeficiency virus (HIV) dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) mencapai 1.242 orang.

“Angka ini meningkat tajam sejak tahaun 2000. Dari sejumlah yang terinveksi tersebut 161 orang sudah meninggal dunia,” kata Kabid Penanggulangan Kesehatan Gustiarni di Pekanbaru, mengutip antara, dilansir covesia, Minggu (30/11/2014).

Dia mengaku pemerintah bahkan dunia prihatin terhadap cepatnya penyebaran penyakit mematikan ini.

Karena itu, menurut dia, pihaknya tetap gencar melakukan sosoialisasi ke semua kalangan dan lapisan masyarakat baik muda maupun tua.

“Kali ini ratusan mahasiswa kita beri pemahaman tentang HIV dan AIDS,” katanya.

Sebelumnya, pihaknya juga sudah menyosialisasikan bahaya penyakit itu kepada pelacur di beberapa titik yang diduga terjadi praktik prostitusi, kemudian bagi seluruh puskesmas di Pekanbaru terkait penanganan pasien yang terinveksi.

Dia menambahkan, dari ribuan warga yang terinveksi di Pekanbaru tersebut terbanyak masih kaum laki-laki 787 orang, dan perempuan 455 orang. “Terbanyak di alami oleh warga pada usia produktif 25 – 45 tahun,” katanya.

Dalam rangka peringatan hari HIV dan AIDS sedunia yang di peringati setiap tanggal 1 Desember, dia berpesan semua memberikan perhatian agar penyebaran penyakit ini bisa ditahan.

“Kita akan terus gaungkan penanggulangan ini karena ini masuk pada program Millennium Development Goals (MDGs),” katanya. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

14 + 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password