Rentang Enam Bulan, 60 Kasus Baru HIV/AIDS di Yogyakarta

Yogyakarta – Komisi Penanggulangan HIV/AIDS di Kota Yogyakarta menyebutkan ada 60 kasus baru dalam satu semester, terhitung dari April hingga September, sehingga total kasus HIV/AIDS di daerah ini sebanyak 774 kasus.

“Pada akhir Maret, tercatat sebanyak 714 kasus HIV/AIDS dan hingga September sudah meningkat menjadi 774 kasus,” kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Yogyakarta Kaswanto di Yogyakarta, Minggu (30/11/2014).

Dari total kasus HIV/AIDS di Kota Yogyakarta, terdiri atas 529 kasus HIV, sedangkan sisanya sebanyak 245 kasus sudah dikategorikan sebagai AIDS.

Penderita HIV/AIDS di Kota Yogyakarta masih didominasi kaum laki-laki, yaitu mencapai 60 persen dari total penderita, dan cara penularan didominasi faktor heteroseksual. Penderita HIV/AIDS lebih banyak diderita penduduk usia produktif antara 20-29 tahun.

“Jika dilihat dari masa inkubasi penyakit yang cukup lama, maka dapat disimpulkan bahwa mereka terserang virus sejak berusia 15 tahun. Hal itu sangat memprihatinkan, dan perlu menjadi perhatian dari seluruh pihak,” katanya.

Kaswanto mengatakan salah satu upaya pencegahan penularan virus HIV/AIDS yang dapat dilakukan adalah dengan terus melakukan kampanye atau sosialisasi mengenai penyakit tersebut.

Sementara itu, untuk memperingati Hari AIDS Sedunia yang akan diperingati pada 1 Desember, KPA Kota Yogyakarta menyiapkan berbagai kegiatan seperti kirab yang dipusatkan di Titik Nol Kilometer Yogyakarta.

Tema utama dalam peringatan tersebut adalah “cegah dan lindungi diri, keluarga, masyarakat dari HIV/AIDS dalam rangka perlindungan hak asasi manusia”.

“Harapannya, ada peningkatan partisipasi dan kepedulian dari masyarakat, pemerintah, komunitas dan seluruh pihak untuk bisa bersama-sama melakukan pencegahan penularan HIV/AIDS,” katanya. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

1 × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password