Trend Bersepeda Dikampanyekan

Banjarmasin – Komunitas Sepeda Antik Banjarmasin (Saban) kampanyekan hijau bersepeda guna menjaga pelestarian lingkungan hidup.

Forum Komunitas Hijau (FKH) yang juga anggota Saban mengkampanyekan penggunaan sepeda dengan jarak tempuh 488 kilometer.

Berdasarkan jadwal perjalanan hanya ditempuh selama tiga hari tetapi karena beratnya medan, turun naik gunung, cuaca buruk disebabkan selalu diguyur hujan maka jadwal menjadi empat hari, yakni menginap di Barabai, kemudian di Amuntai dan Binuang.

Dalam perjalanan tim melakukan penanaman pohon penghijauan di pinggir-pinggir jalan yang dilalui, serta di halaman masjid serta membagi-bagikan bibit penghijauan sebanyak 4.888 batang kepada pengurus masjid, pelajar sekolah umum dan pesantren.

Bibit yang dibagikan sebagian besar jenis pohon gaharu, pinang, enau, trambesi dan jenis pohon lainnya yang diharapkan akan menghijaukan lokasi yang dilalui.

Dalam kampanye hijau yang berkaitan dengan HUT Kota Banjarmasin ke-488 tersebut, para pesepeda menempuh perjalanan Banjarmasin-Banjarbaru-Martapura-Binuang-Rantau-Kandangan- Barabai,pada hari Jumat (28/11).

Di Kota Barabai, rombongan menginap dan melakukan penanaman pohon penghijauan sekaligus mengajak masyarakat setempat menanam pohon penghijauan.

Keesokan harinya rombongan melakukan perjalanan lagi dengan bersepeda Barabai-Batumandi- Paringin-Tanjung-Kalua-Amuntai. Lalu menginap di Amuntai kemudian melanjutkan perjalanan Amuntai-Pantai Hambawang-Kandangan-Rantau-Binuang.

Sampai di Binuang karena cuaca buruk tim kembali menginap dan keesokan harinya atau Senin melakukan perjalanan hingga kembali ke Banjarmasin.

Melalui kampanye hijau tersebut FKH Banjarmasin mengajak warga untuk menciptakan kota hijau (green city) dengan delapan atribut yang bisa menciptakan wilayah dengan sebutan ramah lingkungan.

Atribut-atribut itu adalah tersedianya ruang terbuka hijau, sungai yang dipelihara, pengolahan sampah, energi yang hemat, transportasi tak boros energi, adanya komunitas pecinta lingkungan, serta desain kota ramah lingkungan. (ant/gyi)

0 Comments

Leave a Comment

10 − five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password