Sebelum Menikah, Tes HIV/AIDS Dulu!

Padang – Setiap satu orang yang positif terkena virus HIV/AIDS, berarti ada 100 orang penderita HIV/AIDS yang belum terungkap.

Berdasarkan data yang dirilis Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Kementrian Kesehatan RI, hingga September 2014 tercatat setidaknya 2088 orang yang positif HIV/AIDS di Sumatera Barat.

Bisa dibayangkan berapa orang penderita HIV/AIDS yang belum terungkap dan masih terus menyebarkannya kepada orang lain. Penyebaran virus ini berkembang cepat karena orang-orang dengan HIV dan AIDS tidak menyadari akan dirinya yang menjadi penderita sekaligus penyebar virus tersebut.

Penularan HIV/AIDS biasanya diketahui masyarakat dari pekerja seks komersial yang melakukan hubungan seksual berganti-ganti pasangan atau penggunaan jarum suntik yang tidak steril. Namun sebenarnya ada banyak macam kasus penularan virus ini yang tanpa kita duga sebelumnya.

Konselor VCT Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Sumatera Barat, Rusneli, mendapati HIV/AIDS justru banyak menimpa ibu rumah tangga yang tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah.

Penularan HIV/AIDS kepada ibu rumah tangga justru dikarenakan oleh berhubungan seksual dengan suaminya sendiri. Hal ini terjadi dikarenakan banyaknya pasangan suami istri yang tidak melakukan pemeriksaan tes HIV/AIDS sebelum mereka memutuskan untuk menikah. Sehingga salah satu dari mereka yang mengidap penyakit HIV/AIDS, namun tidak mengetahui bahwa mereka merupakan salah satu ODHA secara tidak sadar telah menyebarkan virus mematikan ini terhadap orang yang mereka cintai.

“Biasanya kasus seperti ini baru terungkap ketika sang ibu sedang memeriksakan kandungannya, namun hal ini sudah terlambat,” ujar Rusneli kepada covesia, Senin (01/12/2014)

Dalam kasus seperti ini biasanya penularan virus berawal dari kebiasaan masyarakat Minangkabau yang merantau ke kota besar dan tertular virus HIV/AIDS, kemudian penderita kembali ke kampung halaman untuk menikah dengan gadis minang.

Namun karena kedua calon pengantin tidak mengetahui dan tidak melakukan tes kesehatan sebelum menikah, virus HIV terus berkembang ketika mereka telah berumah tangga dan mempunyai anak. Sehingga satu keluarga ini merupakan orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) yang tertular tanpa menggunakan jarum suntik tidak steril dan melakukan seks bebas. (peb/gyi)

0 Comments

Leave a Comment

13 + five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password