Ayo Simak! Termasuk Type Pekerja Manakah Anda?

covesia.com – Kemajemukan manusia bekerja dalam satu instansi tentu akan menghadirkan warna-warni yang berbeda. Berangkat dari latar belakang yang berbeda satu sama lainnya, tentu membuat para pegawai disuatu tempat bekerja memiliki sikap yang beranekaragam pula.

Akan tetapi beberapa penelitian justru telah menemukan adanya empat tipe dasar pegawai yang paling sering muncul di kantor baik swasta maupun pemerintahan.

Mengutip laman Career Realism yang dilansir covesia, Senin (1/12/2014), empat tipe pegawai tersebut dibagi berdasarkan karakter, sikap dan pengaruh dari sikapnya di kantor tempat ia bekerja.

Jika ditelaah lagi, sikap para pegawai memang bervariasi mulai dari yang paling rajin hingga karyawan yang senang mengeluh dalam berbagai situasi yang dihadapinya.

Jika anda seorang pegawai atau karyawan, apa anda ingin tahu anda tipe pegawai seperti apa? Berikut empat tipe pegawai yang paling sering muncul di kantor-kantor :

1. Pecinta pekerjaan

Seorang pegawai dapat mencintai pekerjaannya hingga dapat menyempatkan waktu makan siangnya untuk bekerja. Berkat rasa cintanya pada pekerjaan, dirinya juga memiliki banyak teman di kantor.

Tipe pegawai yang satu ini cenderung rajin mencari cara untuk meningkatkan kinerjanya di kantor. Namun sayangnya, pegawai yang sangat mencintai pekerjaannya dapat melepaskan berbagai peluang kerja yang jauh lebih baik.

Dirinya akan selalu memuntahkan seluruh energinya untuk tampil sebaik mungkin saat bekerja.

2. Selalu siap bekerja

Bagi para pegawai yang selalu siap bekerja, seluruh pekerjaan tampak tak ada akhirnya. Baginya bekerja bisa jauh lebih mudah dilakukan daripada berwisata, berlibur atau sekadar melakukan berbagai hobi.

Kadang pegawai dengan karakter seperti ini senang diberi tanggung jawab dan senantiasa bangga saat pekerjaannya bisa ia tuntaskan hingga selesai.

3. Pembenci pekerjaan

Tak peduli apapun jabatannya, para pegawai dalam kategori ini selalu membantah, mengeluh, dan senang sekali melempar kritik pada rekan kerja, karyawan hingga perusahaan tempatnya bekerja. Bagi dirinya, seluruh bagian dari kantor tak ada yang benar dan selalu salah.

Pegawai dengan sikap seperti ini seringkali hanya membuang-buang waktu dan energi mengekspresikan seluruh perasaan negatifnya. Dirinya tak akan pernah bisa membangun hubungan emosional yang baik dengan para pekerja lain.

4. Tak paham tujuan berkarir

Ada juga beberapa pegawai yang tak paham mengapa dirinya bekerja di suatu tempat. Tak heran pegawai tipe ini sering merasa muak dan menghabiskan waktu untuk urusan pribadi daripada bekerja ditempat ia memilih bekerja.

Tak heran, dalam beberapa kesempatan, dia juga senang melewatkan rapat dan sering datang terlambat ke kantor.(jmb)

0 Comments

Leave a Comment

nine − five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password