Seni Topeng Betawi Promosikan Pariwisata Jakarta

Covesia.com – Seni topeng Betawi “Jaya Raya” mempromosikan potensi pariwisata seni panggung asli Jakarta kepada para calon investor lewat pagelaran di Onward Teater, Taman Ismail Marzuki, Selasa malam (2/12/2014), pada kegiatan Jakarta Tourism Business Frum (JTBF) 2014.

“Kita hidup di tengah kota yang modern tapi harus tetap melestarikan sebuah identitas suatu bangsa,” kata salah satu pemeran seni topeng Betawi yang juga artis serba bisa Indonesia, Indra Bekti.

Pagelaran itu berisi seni panggung berupa pagelaran musik dan drama komedi khas Betawi.

Dikisahkah, Indra Bekti yang memerankan Babe Zainal memiliki nazar atau janji jelang kelahiran anaknya, Ikhsan. Nazar itu adalah menjadikan anaknya agar mau melestarikan seni topeng jika Ikhsan mampu lulus kuliah S2.

Babe nampaknya sempat kaget mengetahui Ikhsan enggan menunaikan nazar ayahnya karena dia menganggap hal itu sebagai budaya “kampungan”. Maklum, Ikhsan merupakan seorang master jebolan sekolah di Inggris.

Kendati enggan, akhirnya dia mau melakukannya karena dipaksa oleh kedua orang tuanya. Sampai akhirnya, dia mengetahui banyak orang luar negeri yang sangat mengagumi budaya asli Betawi itu. Selanjutnya, dia sadar betapa seni topeng memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai daya tarik pariwisata ibu kota.

Seni topeng asuhan Hajah Imod itu tampil di depan calon investor yang terbagi dalam kategori “sellers” dan “buyers”.
“Sellers” yang hadir terdiri dari enam sektor seperti hotel, maskapai penerbangan, objek wisata, pusat perbelanjaan, transportasi dan biro perjalanan wisata.

Sementara “buyers” dalam negeri datang dari biro perjalanan wisata terkemuka dari Bali, Jayapura, Balikpapan, Batam, Jambi, Makassar, Manado, Mataram, Padang dan Surabaya, sedangkan “buyers” luar negeri dari Thailand, Filipina, Singapura, Vietnam dan Malaysia. (ant/gyi)

0 Comments

Leave a Comment

2 + 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password