250 Perawat Nigeria Diterjunkan ke Negara Epidemi Ebola

Covesia.com – Sebanyak 250 perawat Nigeria diterjunkan ke negara-negara yang terkena epidemi Virus Ebola di Benua Afrika.

Kantor berita AFP melaporkan, pengerahan ratusan perawat ini, menurut Uni Afrika pada Rabu (3/12/2014), ditujukan untuk negara Liberia, Guinea dan Sierra Leone.

Para sukarelawan dari negara Afrika lainnya diperkirakan akan bergabung dengan mereka di negara pusat wabah tersebut.

Pimpinan Komisi Uni Afrika, Nkosazana Dlamini-Zuma, mendesak maskapai penerbangan untuk melanjutkan penerbangan ke tiga negara Afrika barat yang dilanda Ebola paling parah, yang menurutnya saat ini “sangat terisolasi.”

Dia juga mendesak sektor swasta Afrika untuk mendanai aksi perlawanan terhadap wabah tersebut, mencontohkan rakasa jaringan telepon MTN yang berbasis di Afrika Selatan dan taipan Nigeria Aliko Dangote. MTN mendonasikan 10 juta dolar AS (sekitar Rp123,1miliar) sementara Dangote menjanjikan tiga juta dolar AS (sekitar Rp36,9 miliar).

Wabah Ebola secara resmi dideklarasikan sudah berakhir di Nigeria pada 20 Oktober. Sebanyak 20 kasus dicatat dan hanya ada delapan orang yang tewas berkat respons cepat dan efektif dari otoritas.

“Kami akan berbagi pengalaman kami mengenai bagaimana kami berhasil mengatasi wabahnya,” kata direktur Pusat Pengendalian Penyakit Nasional Nigeria Profesor Abdulsalami Nasidi.

Pada Oktober, Dlamini-Zuma mengatakan bahwa anggota Uni Afrika berkomitmen untuk mengirimkan lebih dari seribu petugas kesehatan, khususnya dari RD Kongo, untuk melawan Ebola. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

13 + one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password