- Advertisement -
HomeLifestyleMasyarakat Kepulauan Mentawai Minim ikut BPJS

Masyarakat Kepulauan Mentawai Minim ikut BPJS

- Advertisement -

Covesia.com – Masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat masih sangat minim dalam keikutsertaannya pada program pemerintah yang dihimpun oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

“Dari data yang kita peroleh sampai saat ini, baru 44 peserta dari Kabupaten Kepulauan Mentawai yang terdaftar, jumlah tersebut tentunya sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah penduduk keseluruhan disana yang mencapai puluhan ribu,” kata Kepala BPJS Cabang Sumbar, melalui Kanit KKP, Husnayanti kepada Covesia.com, Jum”at (5/11/2014).

Walau tidak tau pasti apa penyebab minimnya keikutsertaan masyarakat Mentawai dalam program BPJS ini, namun Husnayanti berpendapat, kurangnya kesadaran masyarakat disana, menjadi masalah yang utama, pada kesertaannya dalam program Jaminan kesehatan ini.

“Kita rasa, kesadaran masyarakat itulah yang menjadi faktor utama untuk ikut atau tidaknya dalam program BPJS ini,” lanjutnya.

Dijelaskannya, dari data lima Kabupaten dan Kota yang ada di Sumatera Barat, telah terdaftar puluhan ribu peserta. Dan menurutnya, jumlah tersebut akan terus bertambah mengingat masih terjadinya antrian di ruang pendaftaran peserta baru hingga saat ini.

“Dari data sementara 5 Kabupaten dan Kota yang kita catat diketahui bahwa Kota Padang menjadi yang terbanyak pesertanya dengan jumlah 74.815 peserta, selanjutnya Kabupaten Padang Pariaman 18.872 peserta, Kabupaten Pesisir selatan 10.156 peserta, Kota Pariaman 2.677 peserta dan yang terakhir Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan 44 peserta,” jelasnya. (adi)

- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Related News
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

2 × five =